blank
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, meninjau vaksinasi tahap II yang dilaksanakan di RST Wiratamtama, Rabu (3/3/2021). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengunjungi dua tempat vaksinasi di Kota Semarang, Rabu (3/3/2021), untuk memastikan kelancaran pemberian vaksinasi. Untuk tahap ini, vaksinasi juga mulai diberikan kepada para lanjut usia.

Tempat yang dikunjungi adalah RS Bhakti Wiratamtama Semarang. Rumah sakit itu dijadikan tempat untuk vaksinasi anggota TNI yang bertugas di lapangan, termasuk Babinsa dan anggota TNI non tenaga kesehatan (nakes).

”TNI ini sudah lebih dulu, setidaknya untuk nakes dan ini sudah dimulai lagi untuk yang di lapangan, termasuk Babinsa dan non-nakes dari unsur TNI. Tapi pagi ini bersamaan dengan acara seluruh pasukan yang ada di depan, yaitu kegiatan gugur gunung bareng panglima,” kata Ganjar, usai melihat pemberian vaksinasi di RS Bhakti Wiratamtama.

BACA JUGA: Polrestabes Semarang Beri Pelatihan Gratis Difabel Dalam Pembuatan SIM

blank
Ganjar juga menyempatkan diri datang ke RSUD Tugurejo, untuk menyaksikan langsung vaksinasi pada petugas pelayanan masyarakat dan lansia. Foto: dok/ist

Menurut dia, ini merupakan kerja bersama, setelah kegiatan itu akan segera digelindingkan karena kemarin yang TNI khusus itu screening-nya di awal. ”Sebenarnya bagus juga screening di awal, sehingga datang tinggal disuntik saja atau tensi,” imbuh dia.

Setelah dari RS Bhakti Wiratamtama, Ganjar langsung menuju RSUD Tugurejo. Di lokasi itu juga dilakukan vaksinasi untuk pelayanan publik dan masyarakat termasuk lansia. Ganjar juga menyempatkan untuk berdialog dengan beberapa penerima vaksin.

Ganjar juga menyampaikan pesan dari Menteri Kesehatan, agar masyarakat bisa antre dan bersabar untuk mendapat giliran vaksinasi. Pengiriman vaksin akan dilakukan secara bertahap dan terus-menerus. Saat ini yang menjadi prioritas penerima vaksin adalah petugas pelayanan publik dan lansia.

BACA JUGA: Kabupaten Magelang Mendapatkan Tambahan Alokasi Vaksin Covid

”Hari ini kami prioritaskan pada petugas pelayanan publik dan lansia. Jadi kalau ada lansia boleh diprioritaskan, tetapi tolong yang lain antre dulu, Insya Allah tidak lama lagi vaksin akan dikirim kembali, agar kita bisa melakukan percepatan,” jelas Ganjar.

Ditegaskannya, vaksinasi kepada lansia di Jateng sudah dimulai. Di beberapa tempat seperti di Pati, vaksinasi juga sudah dilakukan di pasar termasuk para lansia di pasar. Begitu juga halnya di Solo, dalam pemberian vaksin juga sudah memrioritaskan lansia.

”Kemarin para tokoh agama juga kontak ke saya minta dibantu. Dari sekian list yang masuk itu dipilih. Mohon maaf kami bisa membantu tetapi yang lansia dulu. Sehingga kemarin tokoh agama yang lansia bisa didahulukan. Kemarin sudah ada dari Majelis Ulama, Gus Mus juga sudah, ada Bikshu, Romo, dan Pendeta kita vaksin. Jadi urut-urutan prioritasnya,” imbuh dia.

Riyan-Sol