blank
Para relawan yang tergabung dalam FPRB, melakukan pemotongan bambu yang roboh dan mengganggu kelancaran aliran sungai.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para relawan lintas komunitas bersama pamong desa dan masyarakat, Minggu (28/2), melakukan gerakan massal mitigasi bencana dalam upaya Pengurangan Resiko Bencana (PRB) di wilayah Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Jenis kegiatannya melakukan resik-resik kali (bersih-bersih aliran sungai). Yakni di sepanjang alur Sungai Selogiri (anak sungai Bengawan Solo), yang memanjang dari hulu Desa Keloran sampai Desa Jaten Kecamatan Selogiri. Mencakup 6 wilayah desa, yakni Desa Keloran, Pare, Kepatihan, Jendi, Pule dan Jaten).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, gerakan massal para relawan bersama pamong desa dan masyarakat di 6 desa tersebut, diinisiasi oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Kecuali bersih-bersih sungai, juga dilakukan pemasangan spanduk sebagai sarana kampanye tentang pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan sungai.

blank
Bupati Joko Sutopo (tengah) memberikan pengarahan dalam acara pembukaan gerakaan massal relawan resik-resik kali. Ikut mendampingi Kepala BPBD Wonogiri Bambang Haryanto (keempat dari kiri) bersama Forkompimcam Selogiri.

Fungsi Sungai
Maksud dan tujuan kegiatan  ini, untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya fungsi sungai bagi kehidupan, serta mewujudkan kesepahaman dalam upaya PRB. Lebih dari 200 personel relawan dari Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), tampil dalam gerakan massal tersebut.

Mereka datang dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDDI), Forum Relawan Kecamatan Selogiri dan para Relawan Destana (Desa Tangguh Bencana) se Wilayah Kecamatan Selogiri. Berikut para pamong desa dan warga masyarakat di 6 wilayah desa sepanjang aliran sungai.

blank
Gerakan massal bersih-bersih sungai, dilakukan para relawan lintas komunitas bersama pamong desa dan warga masyarakat 6 desa di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Krisna dari Forum Relawan Selogiri, menambahkan, para relawan berkumpul di rumah kediaman Bupati Joko Sutopo di Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, untuk menerima pengarahan. Kemudian dilanjutkan gerakan massal yang dibagi dalam 4 zona.

Zona pertama dari Jembatan Puru sampai Jembatan Bolakrejo. Kedua, Jembatan Tandan sampai Jembatan Jetis, Ketiga, Jembatan Pule sampai Jembatan Mantenan. Berikut untuk zona keempat dari Jembatan timur Lapangan Voli sampai finish di rumah kediaman Bupati Joko Sutopo.

Bambang Pur