Piyu, Fadly, dan Yoyo bersama Gubernur Ganjar Pranowo di Gedung Grhadhika Bhakti Praja, kompelsk Kantor Gubernur Jateng. Foto: Widiyartono R.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Grup band Padi Reborn melakukan dengan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama). Kelompok musik dengan personel adly, Piyu, Rindra, Ari, dan Yoyo ini merilis lagu “Kagama Bhakti”.

Mereka beraudiensi dengan Gubernur Ganjar Pranowo yang juga Ketua Umum Kagama di kantor gubernur Jalan Pahlawan Semarang, Senin (22/2/2021). Ganjar Pranowo memberikan apresiasi kepada Padi Reborn, kelompok musik yang punya kepedulian tinggi dan memberikan kontribusi positif untuk masyarakat.

Sebagai Ketua Kagama, mewakili seluruh anggota alumni UGM, Ganjar mengucapkan terima kasih kepada Padi Reborn yang berkenan menyanyikan dan memproduksi ulang lagu Kagama Bhakti.

Lagu Kagama Bhakti ini memiliki nilai-nilai yang sangat bagus. Lewat Padi Reborn, lagu ini makin luar biasa. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang, tidak hanya sebatas bagi alumni UGM saja,” kata Ganjar Pranowo.

Kelompok Padi Reborn bersama Gubernur Gajar Pranowo meayani wawancara dengan wartawan, di tengah keriuhan suasana vaksinasi covid-19 bagi ASN dan masyarakat. Tampak pada latar beakang ASN yang sedang antre untuk divaksin. Foto: Widiyartono R.

Baca juga Masa PPKM, Hari Jadi Kabupaten Grobogan Diadakan Sederhana

Lagu Kagama Bhakti ini ciptaan dan hasil aransemen Dika Sri Hapsari, alumni Fakultas Pertanian UGM. Lagu berdurasi tiga menit ini berisi lirik-lirik yang menggambarkan keelokan alam dan budaya Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan.

Liriknya juga menegaskan komitmen seluruh alumni UGM untuk bersatu dan berkontribusi untuk Indonesia.

Terkejut dan Bangga, Personel Padi Bukan Alumni UGM

Piyu, gitaris Padi Reborn menyatakan terkejut ketika diminta menggarap lagu Kagama Bhakti. “Apalagi di antara kami tak ada satu pun yang merupakan alumni UGM,” kata Piyu yang punya nama lengkap Satriyo Yudi Wahono ini.

Namun, katanya, setelah ada pembicaraan dengan pengurus-pengurus Kagama, Piyu mengaku baru tersadar. “Ternyata Kagama ini organisasi yang inklusif, terbuka, bersedia bekerja sama dengan siapa pun, sepanjang tujuannya berkontribusi positif bagi bangsa,” kata Piyu.

Sedangkan vokalis Padi, Fadly menyatakan rasa bangganya ketika diminta untuk menyanyikan lagu Kagama Bhakti ini. “Ini kehormatan bagi kami, menyanyikan lagu yang menjadi pedoman dan semboyan para alumni UGM dalam upaya menjaga dan memajukan bangsa,” kata Fady.

Menurut Fadly, lagu ini memiliki daya magis kuat dengan notasi musik yang harmonis serta lirik yang merefleksikan kecintaan  alam dan budaya bangsa Indonesia.

Grup Padi Reborn ini mendatangi kantor Gubernur Jateng bersamaan dengan pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi ASN dan masyarakat umum di Gedung Grhadhika. Mereka bersama Gubernur Ganjar Pranowo sempat melakukan wawancara dengan wartawan di antara keramaian pelaksanaan vaksinasi covid-19 tersebut.

“Tidak menyangka, saya yang lagi antre untuk divaksin bisa ketemu dengan personel-personel Padi,” ujar seorang perempuan ASN yang mengaku ngefans berat sama Padi.

Widiyartono R.