blank
Tim SAR saat hendak mengevakuasi korban. Foto: hana eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Seorang warga dikabarkan tewas tertimpa bongkahan batu di kawasan Galian C, Dusun Pagergunung, Desa Katekan, Kecamatan Brati, Grobogan, Rabu (17/2/2021). Dari informasi yang diperoleh, insiden itu terjadi pukul 09.00 WIB.

Korban bernama Tukimin (48), yang merupakan warga setempat. Dari keterangan yang dihimpun, korban bersama Darsono, temannya tengah beristirahat usai bekerja menaikkan batu ke atas truk. Keduanya duduk di bawah tebing sambil merokok.

”Kejadian ini bermula saat pukul 08.00 WIB, korban bersama tetangganya, Darsono, bekerja menaikkan batu ke atas bak truk. Setelah selesai, korban bersama rekannya itu duduk sambil merokok di bawah tebing galian C menghadap barat,” ujar Kapolsek Brati, Iptu Zainal Abidin.

BACA JUGA: Tanpa Ampun, Kakak Beradik Berselisih Paham, Bakar Rumah dan Mobil

blank
Lokasi korban tertimbun longsoran di Galian C di Dusun Pagergunung, Desa Katekan, Kecamatan Brati. Foto: hana eswe

Satu jam kemudian, Darsono melihat tebing yang berada di atas tempat duduk rekannya itu bergerak. Darsono berteriak menyelamatkan diri. Sementara korban yang belum sempat beranjak dari tempat duduknya, langsung tertimbun bongkahan batu.

Warga yang mengetahui adanya korban tertimbun longsoran, langsung berusaha mengevakuasi dengan cara manual. Namun upaya itu dihentikan sampai alat berat didatangkan ke lokasi kejadian.

Sekitar pukul 15.45 WIB atau hampir enam jam setelah kejadian, korban berhasil dievakuasi dengan bantuan alat berat. Korban ditemukan dengan kondisi luka berat.

”Pukul 15.45 WIB, korban yang tertimbun longsoran tebing Galian C berhasil dievakuasi tim SAR gabungan,” jelas Kasi Kedaruratan BPBD Grobogan, Masrikan, saat di lokasi kejadian.

Sementara itu, Iptu Zainal Abidin menjelaskan, korban mengalami luka berat di sekujur tubuhnya. Usai dievakuasi, jenazah lalu diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Hana Eswe-Riyan