blank

Musibah, Hikmah dan Muhasabah

Oleh : Leli NS

CURAH hujan yang tingga selama beberapa hari khususnya di daerah Bangetayu Kecamatan Genuk Semarang mengakibatkan banjir di setiap sudut jalanan desa dan jalan utama desa. Musibah banjir yang datang secara tiba-tiba tersebut juga sempat menggenangi Perumahan Kwaron Indah Cluster seminggu yang lalu terendam banjir setinggi 50cm. Disaat orang-orang masih terlelap dalam mimpinya, air tengah datang menggenangi kawasan perumahan. Pagi yang tak biasa, orang-orang membuka pintu dan jendela dengan penuh was-was karena air semakin siang tak surut juga malah hujan turun terus-menerus.

Tak biasanya hujan yang turun beberapa hari ini dan puncaknya adalah pada Jumat malam (06/02/2021), hingga air menggenangi jalan perumahan tersebut. Bahkan ada salah satu rumah warga perumahan yang garasi rumahnya hingga terendam banjir.

Sejumlah ibu rumah tangga mengisahkan perjuangannya menghadapi banjir yang tiba tiba datang. seperti ibu Wida  yang melihat garasi rumahnya berubah menjadi kolam ikan, dan anak-anak sampai dapet 2 ikan cupang. Hal senada juga diungkapkan warga di Kwaron “rumahku malah dikepung air dari depan dan belakang, tapi Alhamdulillah ga sampai masuk rumah,” katanya. Sedangkan beberapa rumah lain hanya tergenang oleh air di depan rumahnya saja. Meski sesekali ketika hujan deras turun menjadikan  volume air naik hingga memantik masuk dibibir pintu garasi rumah.

Hikmah dari peristiwa banjir yang menggenangi Perumahan kami adalah rasa syukur bahwa Alloh SWT masih memberikan nikmat sabar. Banjir yang seharian mengepung perumahan menyadarkan kami untuk lebih bersabar dan berdoa kepada Alloh SWT, hingga pada akhirnya Sabtu dini hari banjir surut meski hujan masih sesekali turun menyapa. Bahwa banjir bukanlah sebab sampah yang menumpuk ataupun selokan yang tersumbat semata, akan tetapi kebesaran Alloh SWT tampak dari bagaimana umatnya bermuhasabah menghadapi cobaan hidup yang diberikan, sehingga musibah tak berkelanjutan serta tidak sampai memakan korban. (Penulis : Leli NS/Dosen PBSI FKIP Unissula).

Suarabaru.id