blank
Tiga rumah di Jugo masih terancam longsor susulan.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Hujan deras yang terjadi Sabtu (13/2-2021) dini hari  mengakibatkan terjadinya longsoran tanah di Desa Jugo, Kecamatan Donorojo. Tanah yang longsor tersebut berasal dari bukit dan  jalan yang terletak di atas pemukiman penduduk.

Akibatnya tiga rumah milik Kaselan, Junardi  dan Muhammad Shodikun yang semuanya warga RT 5 RW 1 Desa Jugo tertimpa longsoran. Mereka juga masih terancam terjadinya longsor susulan jika hujan terus terjadi sebab telah terjadi retakan tanah sepanjang 20 meter.

blank
Tebing setinggi 15 meter yang semalam longsor dan menimpa bangunan belakang rumah warga.

Rumah  Raselan, tertimpa longsoran  tebing jalan dengan ketinggian tebing 15 meter. Lebar jalan yang berada di belakang rumahnya yang semula lerbar  2,5 meter tinggal 1,5 meter. Longsor menimpa atap rumah Raselan. Longsoran yang sama juga menimpa dapur rumah Junardi hingga rusak parah.

Sementara rumah  Muhammad Shodikun, bagian belakangnya tertimpa longsor di bagian belakang. Rumah tembok  dengan lebar  6 meter dan atap asbes ini juga mengalami kerusakan.

Siang ini warga Desa Jugo kerja bakti untuk membuat penahan longsor dari bambu, tanah dan sak. “ Harapan kami dapat dibangun senderan permanen,” ujar  Muhammad Shodikun.

Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi  Muh Ali Wibowo  dan Kasi Kedaruratan  dan Logistik BPBD, Mujiono bersama tim siang tadi  berada di lokasi untuk memberikan bantuan dan melakukan pendataan secara langsung.

Hadepe-ua