blank
Gambar sambul buku Esai Pengalaman: Merangkai Asa untuk Media Massa. Foto: dok/ist

MALANG (SUARABARU.ID)– Menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, sejumlah dosen Ilmu Komunikasi, meluncurkan buku kumpulan tulisan tentang pers dan media massa. Seperti judulnya, buku ‘Esai Pengalaman: Merangkai Asa untuk Media Massa‘ ini, banyak bercerita tentang pengalaman para penulis berinteraksi dengan media massa. Baik di masa yang lalu maupun di masa kini.

”Memang penulisnya sebagian besar adalah generasi Baby Boomer, Gen X dan Gen Y, sehingga romantisme dengan media cetak lebih mewarnai pengalaman mereka. Namun uniknya, para penulis mengalami tiga gelombang teknologi media. Dan semua masih setia menggunakan media massa sebagai makanan sehari-hari,” kata Frida Kusumastui, sang penggagas sekaligus koordinator tim editor, yang juga dosen di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (11/2/2021).

Buku ‘Esai Pengalaman: Merangkai Asa untuk Media Massa‘, ditulis oleh 32 dosen komunikasi dari 24 perguruan tinggi. Sederet nama yang cukup terkenal sebagai penulis buku dan dosen senior, ikut menyumbangkan tulisan. Di antaranya Dr Sunarto (Undip), Nina Mutmainnah (UI), Andina Dwifatma (Unika Atmajaya Jakarta). Ketiganya di-dhapuk sebagai wakil penulis dalam acara bedah buku kali ini.

Bedah buku yang menyertai peluncurannya ini, yang digelar melalui zoom meeting, juga menghadirkan pemantik diskusi dari Dewan Pers, Arif Zulkifli. Sedangkan pembedah buku menghadirkan dua pelaku media besar, Sapto Anggoro dari Tirto.id dan Budiman Tanoeredjo (Harian Kompas).

”Kami menghadirkan para pembicara yang kompeten dibidangnya, demi menciptakan diskusi yang menarik, untuk saling mengritisi dan memberikan pandangan untuk perkembangan media massa,” ujar Lintang Ratri Rahmiaji, moderator sekaligus anggota tim editor, yang juga seorang pengajar di Undip.

Riyan