blank
Penyemprotan cairan desinfektan dilakukan dengan menggunakan mobil Water Canon milik Polres Wonosobo. Foto: Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Tim Satgas Penanganan Covid-19 Pemkab Wonosobo, terus menggelar berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan covid-19.

Salah satunya dengan menggelar penyemprotan desinfektan ke berbagai tempat fasilitas umum dan ruang publik lainnya. Seperti area Alun-alun dan lingkungan pasar tradisional di Wonosobo.

Kapolres Wonosobo, AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT, Senin (8/2/2021) mengatakan, saat ini Tim Satgas Penanganan Covid-19 setempat, sedang berupaya memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus corona di berbagai tempat.

Baca Juga : Anggota DPRD Wonosobo Nyaris Ditipu Wartawan Gadungan

blank
Kapolres Wonosobo, AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT, ketika memberi sambutan sebelum penyemprotan massal. Foto: Muharno Zarka

”Hal ini sesuai anjuran dari Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk bersam-sama menggalakkan kembali kegiatan yang mengarah pada penertiban protokol kesehatan (prokes) covid-19 di masyarakat.

Menurut Kapolres, pemantauan di tempat wisata yang ada di Wonosobo, sudah dilakukan berkali-kali. Karena ada kebijakan PPKM Jawa-Bali, dua hari di rumah saja kemarin, semua tempat wisata ditutup.

”Ini sebagai upaya mengendalikan virus corona. Malam kemarin sudah dilaksanakan penyemprotan desinfektan di Pasar Kertek dan Pasar Selomerto. Semoga upaya itu dapat membawa hasil yang baik,”” tegasnya.

Baca Juga : Operasi Prokes Covid-19 di Wonosobo, Pelanggar Disanksi Bersihkan Lingkungan

Sementara itu, Sekda Wonosobo, One Andang Wardoyo menambahkan, dengan adanya penyemprotan desinfektan secara serentak di berbagai tempat, diharapkan kondisi lingkungan akan sehat, aman dan bersih.

”Gerakan penyemprotan desinfektan ini adalah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus corona. Sehingga diharapkan pandemi global covid-19 bisa segera berakhir,” ujar dia.

Dikatakan One Andang, seluruh lapisan masyarakat diminta untuk ikut berperan aktif membantu pencegahan penularan dan penyebaran virus corona.

Baca Juga : Pengunjung Pasar Induk Wonosobo Diberi Masker Gratis, Mengapa?

Banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat, seperti menerapkan prokes covid-19 dan melakukan gerakan 3M, dalam kehidupan sehari-hari untuk menghentikan wabah penyakit covid-19.

”Prokes covid-19, seperti selalu memakai masker jika keluar rumah, rajin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, menjaga jarak antar sesama dan menghindari keramaian, sangat penting dilakukan warga,” sebutnya.

Peran masyarakat sekecil apa pun, sambung dia, akan sangat membantu memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus corona. Warga menjadi garda terdepan untuk mengendalikan bahaya penyakit ini.

Muharno Zarka-Riyan