blank
Anggota TNI-AD Kodim 0707/Wonosobo sedang membagi masker di Komplek Pasar Induk. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Sejumlah pedagang, pengunjung dan tukang ojek yang biasa mangkal di seputar Pasar Induk Wonosobo, Sabtu (6/2), mendapat masker gratis yang dibagi Satgas Penanganan Covid-19 setempat.

Perwira Siaga Kodim 0707/Wonosobo Kapten Arm Listiyono mengatakan pembagian masker dilakukan dalam rangk memutus mata rantai penyebaran dan penulatan virus Corona di masyarakat.

“Pemberian masker gratis ini dilakukan agar masyarakat selalu disiplin dan mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 jika keluar rumah. Terutama saat ke fasilitas umum seperti di Pasar Induk ini atau ke ruang publik lainnya,” ujar dia.

Dalam setiap melaksanakan pemberian masker diselingi sosialisasi pencegahan Covid-19. Kapten Arm Listiyono mengajak dan menghimbau pengunjung pasar untuk selalu mematuhi prokes Covid-19.

Kesadaran Warga

blank
Pengunjung Pasar Induk Wonosobo mengaku senang mendapat masker gratis. Foto : SB/Muharno Zarka

Menurutnya upaya pemerintah untuk mengendalikan wabah virus Corona tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat. Warga menjadi garda terdepan untuk meredam pandemi global Covid-19.

Ditambahkan, butuh kesadaran warga untuk bahu-membahu mencegah penularan dan penyebaran virus Corona. Apalagi penularan dan penyebaran penyakit Covid-19 bisa terjadi secara massif dan cepat.

“Penegakan disiplin terhadap 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas) di lapangan, harus menjadi kesadaran kolektif warga. Sehingga ada gerakan bersama memberantas penyakit Covid-19,” ujarnya.

Semua pihak, lanjut dia, harus selalu mematuhi prokes Covid-19. Senantiasa memakai masker apabila keluar rumah dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan. Membiasakan diri cuci tangan setelah beraktifitas.

Muharno Zarka-mul