blank
Screenshot WA yang dikirimkan oknum yang mengaku dari pers, ke sejumlah anggota DPRD Wonosobo. Foto: dok/ist

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Sejak beberapa hari terakhir ini beredar permintaan sejumlah uang kepada beberapa anggota DPRD Wonosobo, yang mengatasnamakan wartawan atau pers yang beraktivitas di Kabupaten Wonosobo.

Oknum yang mengaku wartawan itu mengabarkan pada beberapa wakil rakyat, bahwa ada teman pers yang sedang sakit getah bening, dan akan dioperasi di sebuah rumah sakit di Semarang.

Teman wartawan yang disebut dalam informasi berantai itu, disebutkan tengah membutuhkan uang, dan meminta sejumlah anggota DPRD membantu. Yang bersangkutan kemudian mengirimkan nomer rekening untuk transfer sejumlah uang seperti yang diminta.

BACA JUGA : Polisi Tangkap Pembunuh Wanita Muda di Garut

Anggota DPRD Wonosobo yang sudah dihubungi yakni, Anto (Golkar), Parbi Wahyu Ardi, Wahyono (Gerindra), Agus Achmad Muhammad, Doni Hermanto (Hanura) dan Izanatul Muziah (PDI Perjuangan).

Sejumlah anggota DPRD kemudian mencoba mengklarifikasi dengan mengubungi wartawan Muharno Zarka (SUARABARU.ID) dan Agus Supriyadi (Wonosobo Ekspres), yang biasa melakukan peliputan di lingkungan Pemkab Wonosobo.

Ketika diberitahu jika itu sebuah modus penipuan yang mengatasnamakan pers, sejumlah wakil rakyat di Wonosobo itu akhirnya membatalkan untuk transfer uang.

Baca Juga : Sehari Dua Rumah Warga di Wonosobo Terbakar, Ini Penyebabnya

”Oknum yang mengaku dari sebuah perusahaan pers itu pun mengumpat, dan mengeluarkan kata-kata yang tak pantas, karena permintaannya tidak ditanggapi. Mereka jelas penipu yang mengaku sebagai wartawan,” ungkap Agus yang merupakan wartawan Wonosobo Ekspres.

Dia kemudian meminta, jika ada permohonan atau penipuan serupa, diharapkan anggota DPRD di Wonosobo untuk tidak menanggapi atau mengabaikan saja.

Muharno Zarka-Riyan