Mensos bersama tamu undangan lainnya, meggunting pita tanda dirsmikannya jalan baru di Desa Pagar Agung. Foto: dok/ist

SERANG (SUARABARU.ID)– Bantuan pembangunan jalan dan pembuatan sarana sanitasi berupa MCK, yang diberikan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) kepada warga Kampung Jaha, Desa Pagar Agung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Banten, membuat warga merasa senang.

Pembangunan jalan dan sarana sanitasi yang digagas SMSI itu dilakukan, dalam rangka menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, yang jatuh tiap tanggal 9 Februari. Hasil dari kegiatan bakti sosial itu pun, diresmikan Mensos Tri Rismaharini.

Hasanah, salah satu warga setempat mengaku, saat ini kampungnya terlihat lebih rapi dan bersih. ”Sejak ada pembangunan jalan ini, kampung kami jadi rapi dan bersih. Mau lewat juga enak dan nyaman,” ujarnya, saat ditemui wartawan, Minggu (7/2/2021).

BACA JUGA : Bakti Serikat Media Siber Indonesia untuk Negeri

Selama ini dia mengaku, kampungnya terlihat kumuh karena jalan antarkampung mereka masih berupa jalan tanah. ”Tetapi kini setelah ada pembangunan jalan, kampung kami jadi bersih dan terlihat rapi,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Markani, warga setempat. Dia mengaku sangat bersyukur, pada HPN kali ini, SMSI membantu para warga dengan program bakti sosial berupa pembangunan ruas jalan kampung.

Menurut dia, dulu kampungnya terlihat kotor dan kumuh karena kondisi jalan yang buruk. ”Dulu jalannya kelihatan kumuh, sekarang sudah bagus. Terima kasih sudah bantu jalan kami,” ujarnya.

Bagi SMSI, tahun ini merupakan perhelatan HPN pertama buat organisasi perusahaan media siber itu, setelah resmi menjadi konstituen Dewan Pers.

SMSI yang kini beranggotakan 1.224 perusahaan media siber itu, memperingati HPN dengan melakukan kegiatan bakti sosial, yang meliputi pembangunan jalan dan pembuatan sarana sanitasi MCK.

Riyan-Sol