blank
Para relawan membersihkan material longsoran dan memindahkannya ke tempat yang aman. Foto: hana eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Puluhan relawan bersama BPBD Grobogan dan masyarakat Dusun Ngulakan, Desa Sumberjatipohon, melakukan kerja bakti membersihkan tanah longsor yang menimpa rumah Isman (90). Kegiatan kerja bakti ini dilaksanakan sejak pukul 07.00 WIB hingga siang hari.

Terlihat para relawan membersihkan tanah dan puing-puing reruntuhan bangunan yang tertimpa longsoran. Sebagian dari para relawan menutup longsoran dengan terpal.

Kasi Kedaruratan BPBD Grobogan, Masrichan mengatakan, para relawan bekerja sama untuk membersihkan sisa-sisa longsoran, dan menutupnya dengan terpal. Usai pembersihan, Pemerintah Desa Sumberjatipohon akan melakukan pembangunan pondasi di sekitar longsoran.

BACA JUGA : Tanah Longsor di Desa Sumberjatipohon, Timpa Rumah Milik Isman

blank
Personel Polsek Grobogan juga dilibatkan dalam kerja bakti membersihkan longsoran. Foto: hana eswe

”Tadi kami dibantu para warga melakukan kerja bakti membersihkan area longsoran. Kemudian bekas longsoran ditutup dengan terpal. Rencananya, pihak desa akan membangun pondasi di sekitar longsoran,” jelas Masrichan.

Hadir dalam kegiatan kerja bakti ini, Kapolsek Grobogan Iptu Parjin, Kepala Desa Sumberjatipohon Eni Endarwati bersama jajarannya. Di kesempatan itu, Iptu Parjin juga memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar, agar waspada terhadap bencana alam yang akhir-akhir ini sering terjadi.

”Hari ini kami dari Polsek Grobogan juga hadir dalam kegiatan kerja bakti di rumah warga yang terkena longsoran. Bersama-sama dengan relawan dan masyarakat, kami melakukan kerja bakti memindahkan material batu dan tanah,” ujar Iptu Parjin.

BACA JUGA : Pasar di Kabupaten Grobogan Tetap Buka, Pedagang dan Pengunjung Diimbau Taat Prokes

blank
Kapolsek Grobogan, Iptu Parjin memberikan bantuan paket sembako kepada keluarga korban. Foto: hana eswe

Ditambahkan dia, pemilik rumah untuk sementara waktu dipindahkan ke tempat lain yang lebih aman. Pihaknya juga memberikan himbauan kepada warga, agar tetap waspada terhadap bahaya bencana longsor selama musim penghujan ini.

Selain melaksanakan kerja bakti, jajaran Polsek Grobogan juga memberikan bantuan berupa paket sembako untuk keluarga korban.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, insiden tanah longsor terjadi di Dusun Ngulakan, Desa Sumberjatipohon. Tanah longsor yang terjadi pada Sabtu (6/2/2021) menimpa rumah Isman (90) warga setempat.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, Mudariyah dan Rania, anaknya yang masih balita, mengalami luka lecet di bagian kaki dan kepala.

Hana Eswe-Riyan