blank
Wagub Jateng Taj Yasin mengunjungi sentra anyaman pandan di Desa Pohkumbang, Kecamatan Karanganyar, Kebumen, Kamis 4/2.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Desa Pohkumbang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen, yang menjadi Desa Dampingan Program 1 Perangkat Daerah 1 Desa Binaan, ditinjau Wakil Gubernur (Wagub) Jateng, Taj Yasin Maimoen, Kamis (4/02).

Program 1 Perangkat Daerah 1 Desa Binaan, menjadi program unggulan Pemprov Jateng untuk mengurangi kemiskinan di Jateng melalui pemberdayaan masyarakat. Wagub Jateng mengapresiasi kerajinan anyaman pandan di Desa Pohkumbang dan mendorong Pejabat Pemkab Kebumen terus memberikan perhatian.

Kunjungan Wagub Jateng di Desa Pohkumbang didampingi Kepala  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa , Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dispermades P3A) Kabupaten Kebumen Frans Haidar, serta Ketua Forum Santri Indonesia Cabang Kebumen Gus Fachrudin Achmad Nawawi.

Wagubkil Jateng yang akrab disapa Gus Yasin tersebut mengapresiasi pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Pohkumbang melalui kerajinan anyaman pandan.

“Saya melihat setiap rumah membikin anyaman. Tinggal kita bantu mempromosikan agar pemasaran semakin lancar, dan harganya bisa naik. Dengan begitu, pendapatan masyarakat akan meningkat,”ujar Gus Yasin yang juga Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Jateng.

Apresiasi juga diberikan kepada Pemkab Kebumen yang telah memberi perhatian yang besar terhadap kerajinan anyaman pandan. Hanya saja, Gus Yasin berharap Pemkab Kebumen ikut andil dalam Program 1 Perangkat Daerah 1 Desa Binaan agar semakin banyak desa yang dibina sehingga kesejahterraan masyarakat semakin terangkat.

Dalam kunjungannya di Desa Pohkumbang, diserahkan bantuan untuk taman pendidikan Alquran, serta bantuan fasilitas umum lapangan desa untuk olah raga dan bermain. Gus Yasin terlihat santai dan akrab saat bertemu warga serta mengenakan sarung dan baju koko khas pesantren.

Komper Wardopo