blank
Mahasiswa magang Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo, saat kunjungan di Pengadilan Militer II-10 Semarang. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mahasiswa magang di Penghubung Komisi Yudisial (PKY) Jateng, melakukan kunjungan institusi ke pengadilan tingkat pertama, dan Kejaksaan Negeri di Semarang.

Kunjungan institusi dilaksanakan, dalam rangka pemberian bekal dan wawasan mengenai tugas dan fungsi pengadilan dan kejaksaan. Diharapkan nantinya mereka bisa mewujudkan praktisi hukum yang profesional dan berintegritas.

Koordinator PKY Jateng, Mohamad Farhan menyampaikan, PKY Jateng memfasilitasi para mahasiswa yang magang, untuk melakukan kunjungan di beberapa pengadilan di Semarang.

BACA JUGA : Kapolres Pekalongan Kota Ungkap Kasus Pencurian Truk

blank
Mahasiswa magang Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo, dalam kunjungannya di PN Semarang. Foto: dok/ist

”Kunjungan pertama mereka di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang. Dalam kunjungan di PTUN itu, empat mahasiswa magang Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo, diterima Ketua dan Sekretaris Pengadilan. Dalam kunjungannya itu, Ketua PTUN Semarang Sumartanto SH MH, memberikan pemaparan materi mengenai tugas pokok dan fungsi PTUN,” ungkap Farhan, Jumat (5/2/2021).

Institusi lain yang dituju yakni, Kejaksaan Negeri (Kejari) Semarang, yang dilanjutkan ke Pengadilan Agama (PA) Semarang. ”Di Pengadilan Agama, para mahasiswa diterima Wakil Ketua PA Semarang, Drs Ahmad Nasohah MH,” ujar dia lagi.

Sementara itu, saat mengunjungi Pengadilan Militer II-10 Semarang, para mahasiswa diterima Letkol Sus Wahyupi SH MH, sekaligus memberi kesempatan pada mahasiswa mengikuti persidangan di ruang sidang utama.

Sedangkan dalam kunjungan di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, mereka diterima Sekretaris PN Semarang, Rumiasari SE SH MM. Di PN Semarang para mahasiswa juga diajak mengikuti beberapa persidangan perdata dan pidana.

BACA JUGA : Dugaan Sementara, Pelaku Gunakan Benda Tumpul untuk Habisi Korban

”Para mahasiswa begitu antusias mengikuti kegiatan kunjungan institusi ini, karena dapat menambah wawasan melalui diskusi, dan memperoleh motivasi langsung dari para petinggi pengadilan dan Kejaksaan Negeri di Semarang,” imbuh Farhan.

Ketua kelompok magang mahasiswa, Ibnu Aqil menyatakan, dirinya bersama rekan-rekan mahasiswa lainnya menyampaikan apresiasinya kepada PKY Jateng, yang telah memasilitasi agenda kunjungan instansi ini.

”Banyak sekali wawasan baru yang kita peroleh. Kebetulan saya dan teman-teman magang lainnya baru kali ini menyaksikan persidangan secara langsung. Senang rasanya bisa berkomunikasi langsung dengan para petinggi,” ungkap Ibnu.

Ning-Riyan