blank
Kapolres saat mengecek kesiapan poliklinik kesehatan. Foto: Hms-Resbla

BLORA (SUARABARU.ID)– Demi terciptanya ketahanan pangan di tengah pandemi covid-19, Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama, menyambangi Kampung Tangguh Candi di Desa Geneng, Kecamatan Jepon, Blora, Senin (1/2/2021).

Dalam kunjungannya itu, Kapolres AKBP Wiraga didampingi Kasat Binmas AKP Sudarto, Kasubbag Humas AKP Soeparlan dan Forkompincam Jepon. Di Kampung Tangguh itu, Kapolres disambut Kepala Desa Geneng, Jati, dan Forkompimcam Jepon.

Didampingi Kepala Desa Geneng, Kapolres beserta rombongan mengecek sarana ketahanan pangan desa, dan sarana kesehatan warga desa setempat.

BACA JUGA : Kodim Blora Turun ke Jalan Sosialisasi Prokes

blank
Kegiatan di pabrik paving blok, juga tak luput dari peninjauan. Foto: Hms-Resbla

Kepala Desa Geneng, Jati, mengungkapkan lumbung padi sudah lama berdiri, dan hingga saat ini bisa terkelola dengan baik oleh Desa. ”Alhamdulillah, lumbung desa beroperasi dengan baik, sehingga bisa mendukung ketahanan pangan di tengah pandemi,” terang Kepala Desa Geneng.

Selain memantau lumbung desa, Kapolres juga melakukan pengecekan di Poliklinik Desa sebagai sarana kesehatan warga setempat. Di dua tempat itu, Kapolres mengecek kesiapsiagaan desa dalam rangka antisipasi kerawanan covid-19.

Menurut dia, dengan adanya kampung Tangguh Candi itu, ada empat aspek yang disiapkan. Di antaranya meliputi sarana kesehatan, ketahanan pangan, ketahanan ekonomi serta ruangan isolasi mandiri.

Di Desa Geneng itu, untuk sarana kesehatan sudah berdiri Poliklinik Desa yang aktif melayani warga. Dan untuk sarana ketahanan pangan telah ada lumbung desa, sektor ketahanan ekonomi desa ada pabrik paving, yang menampung banyak tenaga kerja warga lokal.

BACA JUGA : Tim Gabungan di Blora Lakukan Kampanye Prokes sambil Blusukan di Pasar

Di tempat itu juga sudah memiliki ruang isolasi mandiri covid-19. Sehingga bila ada warga desa yang terpapar virus corona, bisa memanfaatkannya.

”Polres akan selalu memberi support, agar Kampung Siaga Candi yang sudah ada ini terus berkembang, dan Desa Geneng bisa menjadi percontohan bagi desa lainnya,” tandas Kapolres.

Sementara itu, Kepala Desa Geneng, Jati, mengapresiasi kedatangan Kapolres Blora. Pihaknya menyampaikan, Kampung Tangguh Candi yang sudah dicanangkan Polres Blora ini, akan terus bertahan, dan manfaatnya telah dirasakan warganya.

Alhamdulillah, Kampung Tangguh Candi yang dicanangkan Polres Blora membawa manfaat bagi warga. Dan tentunya akan terus berjalan untuk kebaikan bersama,” kata Kepala Desa Geneng.

Wahono-Riyan