blank
Anggota PP Grobogan saat membagikan paket makanan instan kepada warga yang terdampak banjir. Foto : HE

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Banjir yang menggenangi permukiman di wilayah Kelurahan Purwodadi membuat organisasi kepemudaan Kabupaten Grobogan, Pemuda Pancasila, langsung terjun ke lapangan.

Dipimpin Bambang Wahyu Saputro, para pemuda langsung mendatangi warga yang terdampak banjir, antara lain di wilayah Jagalan, Jetis dan Jengglong.

Para pemuda langsung mendistribusikan paket makanan berupa beras, mie instan dan makanan jadi kepada perwakilan RT yang wilayahnya terdampak banjir.

Menurut Wahyu, pemberian bantuan kepada para warga yang terdampak banjir tersebut spontan dilakukan setelah kegiatan rutin mingguan mereka, Jumat Berkah, pada Jumat (29/1/2021) kemarin.

Hal tersebut dilakukan sebagai rasa empati para Pemuda Pancasila kepada warga yang terdampak banjir akibat elvasi Sungai Lusi yang semakin meningkat.

“Biasanya kalau Jumat, kami memang melakukan kegiatan rutin yaitu Jumat Berkah. Kemarin, pada saat melaksanakan itu, kami prihatin karena banyak warga di Kelurahan Purwodadi ini yang terdampak banjir. Bersinergi dengan BPBD Grobogan, kami langsung mendistribusikan bantuan berupa beras, mie instan dan makanan jadi kepada warga yang terdampak tersebut,” jelas Wahyu, Sabtu (30/1/2021).

Evakuasi Korban Tenggelam

Selain tanggap terhadap bencana banjir, PP juga ikut terlibat dalam evakuasi mayat tenggelam di wilayah Sungai Serang, Desa Candisari, Kabupaten Grobogan. Mayat berjenis kelamin laki-laki yang diduga merupakan warga Desa Sobo, Kecamatan Geyer tersebut, ditemukan di Sungai Serang yang berada di Desa Candisari, Sabtu (30/1/2021) pagi.

blank
Tim SAR PP Grobogan yang selalu bersiaga setiap saat. Foto : HE

Akhirnya, Kakek Asal Desa Sobo Ditemukan Tewas Tenggelam“Setelah kemarin mendistribusikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir, hari ini kami juga ikut terlibat dalam evakuasi mayat yang ditemukan di aliran Sungai Serang. Tepatnya di Desa Candisari ini,” tambah Wahyu.

Sementara itu, Ketua PP Grobogan, Wasono Nugroho mengatakan, pihaknya sebagai organisasi pemuda juga ikut tanggap terhadap bencana yang akhir-akhir ini terjadi, baik di tingkat lokal maupun nasional.

blank
Personel PP Grobogan yang dikirimkan ke Majene, Sulawesi Barat bersinergi dengan relawan lain dari BPNB. Foto : dok.

“Sebagai organisasi kepemudaan, kami ikut serta tanggap bencana. Di Kabupaten Grobogan, kami bersinergi dengan BPBD Grobogan untuk aktif dalam misi kemanusiaan ini. Sebelum pendistribusian bantuan pangan kepada warga yang terdampak banjir, kami juga sudah mengirimkan anggota kami sebagai relawan perwakilan BPBD Grobogan untuk evakuasi korban gempa di Majene, Sulawesi Barat. Semoga apa yang menjadi lelah dan sukarela kami ini, bermanfaat bagi orang banyak,” kata Sony, sapaan akrabnya.

Hana Eswe