blank
Pengembangan tanaman hidroponik di Koramil 17/Lebakbarang, diharapkan menjadi contoh di Koramil-koramil yang lain. Foto: dok/ist

PEKALONGAN (SUARABARAU.ID)– Keberhasilan Koramil 17/Lebakbarang memanfaatkan lahan kosong yang disulap menjadi taman hidroponik, diharapkan bisa memotivasi Koramil-Koramil jajaran Kodim 0710/Pekalongan, untuk melakukan hal yang sama.

Hal itu diungkapkan Dandim 0710/Pekalongan, Letkol CZi Hamonangan, di Koramil 17/Lebakbarang, Sabtu (30/1/2021). Menurut Dandim, selain untuk mempercantik dan memperindah Koramil dengan pemanfaatan lahan, juga bisa menjadi nilai jual serta mendukung program swasembada pangan.

”Mulai hari ini kita perintahkan kepada semua jajaran untuk melakukan gerakan menanam, dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di koramil. Nantinya akan kita adakan penilaian, dengan tujuan untuk memotivasi agar pelaksanaannya benar-benar berjalan dengan baik,” terang Dandim.

BACA JUGA : Indonesia Power dan IZI Salurkan Bantu Sarpras untuk 5 Posyandu

blank
Hasil dari budidaya tanaman hidroponik berupa sayur mayur, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan dapur. Foto: dok/ist

Diungkapkan dia, dengan adanya gerakan menanam ini, khususnya dengan sistim hidroponik, diharapkan akan bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk mengembangkan budidaya tanaman dengan memanfaatkan lahan yang ada.

”Seperti kita ketahui bersama, Koramil 17/Lebakbarang sudah menjadi percontohan bagi masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK. Untuk itu saya minta dipertahankan dan yang lain juga bisa meniru, sehingga TNI bisa menjadi motivator dalam pengembangan hidroponik ini,” tukasnya.

Seperti diketahui, dipilihnya Koramil 17/Lebakbarang sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan serah terima jabatan Danramil, salah satunya karena keberhasilannya dalam budidaya tanaman hidroponik. Sehingga diharapkan jajaran Koramil lain bisa belajar dan meniru tentang budidaya tanaman ini.

Riyan-Sol