blank
Penanaman pohon oleh Kamabigus Drs. H. Nur Khandir.

Oleh : Fathur Rahman, M.Pd

Ambalan Ki Ageng Abdillah dan Raden Ayu Kemuning MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara gelar “Pramuka Peduli Lingkungan” dengan agenda program penanaman pohon sejuta manfaat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum’at (29/01) berlokasi di sekitar Lapangan Sepak Bola Waringin Agung Desa Petekeyan Tahunan Jepara.

Ambalan yang berada dalam naungan Gugus Depan 06.139/06.140 MA. NU Nahdlatul Fata Petekeyan tergerak untuk melakukan kegiatan guna melatih kemandirian, kepekaan sosial dan cinta lingkungan bagi kader penggerak pramuka meskipun dalam kondisi Pandemi Covid 19.

blank
Penanaman pohon oleh Pramuka Ambalan Raden Ayu Kemuning

Kegiatan pramuka peduli lingkungan ini diikuti sekitar 50 pramuka Penegak,  didampingi sejumlah Pembina dan pelatih Pramuka serta Kamabigus MA. NU Nahdlatul Fata. Pramuka Nafa dalam giat ini bekerja sama dengan Pemerintah Desa Petekeyan dan Karang Taruna Pasir Putih dalam hal pengadaan bibit pohon.

Acara pembukaan ditandai dengan penyerahan bibit pohon penghijauan oleh Petinggi Desa Petekeyan, Rohman, S.Si kepada Ketua Kamabigus Drs. H. Nur Khandir yang disaksikan oleh perwakilan pengurus Karang Taruna Pasir Putih.

blank
Peduli lingkungan tidak boleh berhenti

Ditemui seusai serah terima bibit pohon, Rohman, S.Si. menyampaikan apresiasi kepada pramuka penegak MA. NU Nafa yang turut peduli terhadap lingkungan sebagai media pembentukan karakter (character building) siswa dengan banyak berlatih disiplin, bertanggung jawab dan menumbuhkan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungan.

Dengan ditanamkannya kerakter disiplin, mandiri, bertanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungan tersebut semoga pramuka penegak MA. NU Nafa menjadi generasi yang bisa menghadapi segala tantangan zaman. Siswa memiliki pengalaman belajar lebih bermakna dengan berinteraksi langsung dengan alam terbuka. “

Setiap peserta harus senantiasa mencintai lingkungan dan selalu menjaga serta melestarikan alam. Meskipun dalam kondisi pandemi Covid 19 tidak berarti kita abai terhadap kelestarian alam”,  pesan Kamabigus.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk realisasi Program Gugus Depan Pramuka  06.139/06.140 MA. NU Nahdlatul Fata Petekeyan Dewan Ambalan Ki Ageng Abdillah dan Raden Ayu Kemuning. Tujuan  lain dari kegiatan ini diantaranya adalah sebagai bentuk nyata pengabdian anggota Pramuka kepada masyarakat dan kepedulian terhadap lingkungan.

Juga untuk  meningkatkan semangat kerja sama antar anggota Pramuka, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang sosial dan kepramukaan serta meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, life skill, ketangguhan dan ketangkasan, ujar Kak Hariyanto selalu Pembina. ( * )

Penulis adalah guru MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara