blank
Dapur umum swadaya mulai diberlakukan warga Jetis, Kelurahan Purwodadi. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Elevasi air Sungai Lusi yang semakin meningkat membuat genangan air di pemukiman warga juga ikut bertambah. Akibatnya, aktivitas warga terhambat. Khususnya di wilayah lingkungan Jetis, Kelurahan Purwodadi, Kabupaten Grobogan.

Para warga RT 07 RW 16 langsung membuat dapur umum untuk kebutuhan pangan masing-masing KK. Sebab, hujan yang turun membuat kondisi wilayah di lingkungan Jetis terendam air sejak Kamis (28/1/2021).

blank
Lurah Purwodadi, Hendro Sutopo bersama jajaranjya, saat meninjau langsung lokasi pemukiman warga yang banjir. Foto : hana eswe.

Baca juga Elevasi Sungai Lusi di Purwodadi Meningkat, Warga Jangan Dekati Air!

Kapolsek Purwodadi, AKP Saptono Widyo memantau langsung kegiatan dapur umum swadaya warga tersebut. Bersama dengan anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat serta Lurah Purwodadi, Hendro Sutopo melihat langsung aktivitas warga yang tengah memasak di dapur tersebut.

“Sore tadi, bersama dengan perangkat Kelurahan Purwodadi melihat langsung aktivitas dapur umum di wilayah Lingkungan Jetis  RT 07 RW 16 ini. Saya juga sudah mengarahkan kepada personel Bhabinkamtibmas agar tetap stand by di desa masing-masing yang terkenda dampak banjir,” jelas AKP Saptono.

Sementara itu, Lurah Purwodadi, Hendro Sutopo menjelaskan, pihaknya telah melakukan pemantauan langsung wilayah pemukiman warga yang banjir akibat luapan Sungai Lusi tersebut.

“Kami sudah melakukan monitoring di lokasi-lokasi yang banjir seperti Jengglong, Jetis, dan Jajar. Untuk di Jetis tadi sudah ada inisiatif warga mendirikan dapur umum. Dipusatkan di rumah warga di RT 07 RW 16. Sumber dana dan bantuannya dari Dinas Sosial dan Polsek Purwodadi. Kami berterima kasih kepada yang terkait  atas perhatiannya kepada warga kami dan semoga banjir cepat surut. Meski demikian, kami tetap bersiaga,” ungkap Hendro.

Hana Eswe-wied