blank
Penyerahan doorprize sepeda MTB bagi anggota koperasi yang beruntung, sebanyak 28 unit. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Negeri Marsudi Ajining Sariro (MAS) Kabupaten Demak, dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting, Kamis (28/1/2021).

RAT yang digelar di Gedung Bina Praja Kompleks Kantor Bupati Demak itu, dibuka Sekretaris Daerah Singgih Setyono. Dalam arahannya, Singgih Setyono selaku pembina koperasi menyampaikan, agar koperasi MAS lebih kreatif dalam mengelola dana yang tidak terserap.

Sehingga akan berimbas pada kenaikan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibagikan kepada anggota tiap tahunnya. ”Koperasi MAS yang unit usaha utamanya berupa simpan pinjam, agar bisa kompetitif bersaing dengan lembaga keuangan lainnya,” harap dia.

BACA JUGA : Kompol Samsu Wirman Jabat Wakapolres Grobogan Gantikan Kompol Prayudha Widiatmoko

blank
RAT KPRI MAS Demak berlangsung Daring di tengah pandemi covid-19. Foto: rudy

Singgih juga mengapresiasi koperasi MAS yang telah memanfaatkan teknologi informasi, dengan melaksanakan RAT secara daring. Hal ini sangat membantu dalam upaya mencegah penularan covid-19 di Kabupaten Demak.

”Karena hingga saat ini kita belum bisa sepenuhnya mengendalikan pandemi covid-19. Rapat secara daring ini bisa dicontoh koperasi yang lain. Karena RAT Tahunan merupakan amanat yang harus dilaksanakan setiap koperasi,” terang Singgih.

Sementara itu, Ketua Koperasi MAS Doso Purnomo menyebutkan, acara ini dihadiri Kepala Dindagkop UKM, PKPRI, perwakilan Bank Jateng, Pengurus dan Dewan Pengawas.

”Anggota yang hadir secara fisik ada lima orang, mewakili OPD yang memiliki anggota terbanyak. Sisanya mengikuti secara daring di tempat masing masing. RAT kali ini dilaksanakan pertama kalinya di tengah pandemi covid-19 secara daring, untuk menghindari kerumunan orang. Mengingat anggota koperasi MAS sangat besar, dengan jumlah 851 anggota,” terang Doso Purnomo.

BACA JUGA : Kakek 80 Tahun Warga Desa Sobo Grobogan Hilang

Dalam laporan pertanggungjawaban pengurus yang disampaikan Bendahara Koperasi MAS, Agung Hidayanto, diungkapkan, untuk tutup buku tahun ini, KPRI MAS memperoleh laba bersih sebesar Rp 844.772.372.

Sedangkan aset yang dikelola koperasi MAS saat ini sudah mencapai Rp 12 miliar. KPRI Mas juga memberikan beasiswa untuk 60 putra putri anggotanya yang berprestasi di sekolah, mulai tingkat SD–SLTA.

”Mulai tahun depan, beasiswa ditambah untuk diperuntukkan putra putri yang duduk di perguruan tinggi. Kali ini, untuk kegiatan RAT hanya disediakan hadiah doorprize kepada anggota yang beruntung sebanyak 28 buah,” tandas Agung.

Rudy-Riyan