blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tiga dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) memberikan pelatihan aplikasi Qasir bagi pelaku UMKM di Kecamatan Pedurungan pada program pengabdian kepada masyarakat baru-baru ini.

Ketiga dosen tersebut antara lain Rastri Prathivi, M.Kom (Ketua), Titis Handayani S.Kom.M.Cs. (Anggota), Lenny Margaretta H.,S.Kom., M.Kom. (Anggota), mereka memebrikan pelatihan kepada 10 pelaku UMKM di Laboratorium Komputer FTIK USM.

Menurut Titis Handayani alasan diselenggarakannya kegiatan ini adalah di dalam menjalankan usahanya pelaku usaha UMKM membutuhkan dukungan teknologi informasi untuk mendukung aktivitas usahanya seiring berkembangnya zaman agar memudahkan proses bisnis.

blank“Para pelaku UMKM rata-rata memiliki keterbatasan sumber daya manusia dalam pengelolaan teknologi informasi, dan selama Para pelaku UMKM di Kecamatan Pedurungan memiliki jenis sangat variative dan memasarkan hasil produknya baik berupa makanan dan masakan hasil olahan mereka sendiri secara manual”.

“Di dalam menjalankan usahanya cara membukukan hasil penjualan dan stok sehari – hari masih menggunakan catatan pada kertas nota sehingga seringkali masalah yang muncul adalah mereka lupa untuk mencatat jumlah transaksi penjualan harian mereka ke kertas nota” tambahnya.

Masalah lain yang muncul adalah catatan kertas nota hilang, maka untuk mendukung kelancaran usaha mereka kami tim pengabdian masyarakat FTIK USM memberikan pelatihan terkait dengan peningkatan kompetensi digital dengan aplikasi Qasir untuk mengelola penjualan dan stok harian para pelaku UMKM di Kecamatan Pedurungan Semarang berbasis android.

“Harapannya dengan adanya pelatihan ini diharapkan pelaku UMKM di Kecamatan Pedurungan Semarang dapat meningkatkan kompetensi digital untuk melakukan pembukuan hasil penjualan dan stok setiap hari dengan lebih baik, menggunakan aplikasi Qasir sebagai alat digital untuk mencatat penjualan dan stok harian yang mereka pasarkan setiap hari” tutur Titis.

Saiful Hadi – USM