SEMARANG – Tim dosen Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri (FTI) Unissula melaksanakan progam pengabdian masyarakat, berupa pelatihan penggunaan jam waktu shalat berbasis android di mushola Baitussalam, kelurahan Gebangsari, kecamatan Genuk, kota Semarang (2/1). Mereka adalah Munaf Ismail ST MT, Bustanul Arifin ST MT dan Dedi Nugroho ST MT.

Tema pengabdian yaitu pelatihan teknologi tepat guna jam waktu shalat bertujuan mewujudkan masyarakat cerdas dengan menggunakan masjid / mushola sebagai tempat beribadah dan menimba ilmu.

Tim pengabdian berinisiatif mengenalkan salah satu perangkat digital berupa jam waktu shalat digital berupa jam masjid otomatis. Menurut Munaf, jam tersebut akan menampilkan waktu shalat lima waktu dan memberikan tanda berupa alarm ketika memasuki waktu shalat yang akan update setiap harinya. Perangkat tersebut dapat diatur dan disesuaikan melalui aplikasi ponsel android yang terkoneksi dengan teknologi bluetooth sebagai remote control.

Pelatihan diikuti takmir mushola Baitussalam dan tokoh masyarakat di lingkungan RW 8 kelurahan Gebangsari Genuk Semarang. Selain pelatihan jam waktu shalat digital juga dilaksanakan pembuatan papan nama mushola yang diserahterimakan kepada takmir mushola Baitussalam.

Kami menyambut baik progam pengabdian masyarakat dari Unissula ini. Selain letak wilayah yang dekat dengan kampus Unissula masyarakat kelurahan Gebangsari juga membutuhkan program pengabdian masyarakat seperti ini. Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan.” Ungkap Ketua RW 8 Kelurahan Gebangsari, Achmad Molyadi.