blank
PC GP Ansor Kabupaten Cianjur Jabar, meminta prioritaskan vaksinasi dilakukan di ponpes. Foto: SB/dok
blank
Ariful Kholik (Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cianjur Jabar). Foto: SB/dok

CIANJUR (SUARABARU.ID)– Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Cianjur, Ariful Kholik, meminta pemerintah daerah agar memrioritaskan warga pondok pesantren, untuk mendapatkan vaksinasi gratis.

”Saya rasa warga pondok pesantren harus diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi gratis,” kata dia, saat dihubungi via sambungan telepon, Senin (18/1/2021).

Gus Arif sapaan akrabnya menjelaskan, alasan vaksinasi gratis untuk kalangan pesantren perlu diprioritaskan, karena klaster pesantren memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi.

BACA JUGA : Langgar Prokes Covid-19, Festival Musik di Kafe Dibubarkan

Dia mencontohkan, selama masa pandemi covid-19 ini, di Indonesia telah banyak kehilangan lebih dari 200 orang kiai dan nyai pengurus pesantren.

Meski tidak semuanya terkonfirmasi akibat virus covid-19, menurutnya, angka kematian itu lebih tinggi dibandingkan angka pada tahun-tahun sebelumnya. Gus Arif menambahkan, vaksinasi sebaiknya diprioritaskan bagi kalangan yang menuntut interaksi lebih intens.

”Dokter, paramedis, dosen, guru, termasuk para ustadz dan santri pesantren harus diprioritaskan mendapatkan vaksin, jika proses pembelajaran sudah akan dilakukan secara tatap muka langsung,” saran dia.

Terlepas dari vaksinasi, Gus Arif menilai, yang dibutuhkan kalangan ponpes adalah penyediaan fasilitas untuk mencegah penyebaran covid-19. ”Ini juga sangat penting menurut saya untuk pesantren. Misalnya pemenuhan masker, hand sanitizer dan disinfektan,” imbuhnya.

Dia juga meminta masyarakat, agar tak takut dan khawatir terhadap program vaksinasi covid-19, karena sudah dikeluarkan fatwa MUI tentang kehalalan dan kesuciannya serta izin BPOM, terkait dengan keamanannya,” pungkasnya.

Muharno Zarka-Riyan