blank
Ganjar Pranowo saat menghadiri acara Sosialisasi Pemberian Vaksin Covid-19 Bagi Tenaga Kesehatan (Nakes), di RSUD Tugurejo, Selasa (12/1/2021). Foto: hery priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kota Semarang, Solo dan Kabupaten Semarang, akan menjadi tiga daerah pertama yang melaksanakan vaksinasi pada Kamis (14/1/2021) mendatang. Hal ini menyusul terbitnya Izin Penggunaan Darurat yang telah dikeluarkan BPOM RI.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan hal itu, usai menghadiri acara Sosialisasi Pemberian Vaksin Covid-19 Bagi Tenaga Kesehatan (Nakes), di RSUD Tugurejo, Selasa (12/1/2021).

Ganjar memastikan, Dinas Kesehatan Provinsi Jateng telah menyiapkan dengan baik proses vaksinasi itu.

BACA JUGA : Izin BPOM Keluar, Jateng Siap Vaksinasi 14 Januari 2021

”Pak Kadinkes sudah siapkan proses vaksinasi, yang untuk pertama kali nanti akan dilakukan di Kota Semarang, Solo dan Kabupaten Semarang. Itu pada tahap pertama tanggal 14,” katanya.

Dia juga menyatakan, Jateng telah siap sejak awal, terkait dengan program vaksinasi. Selain telah menetapkan tiga daerah pertama, Ganjar memastikan bila pihaknya juga telah mendaftarkan penerima vaksin hingga tingkat Puskesmas.

”Vaksinator sudah siap semua. Jateng termasuk yang sudah mendaftarkan bahkan seluruh Puskesmas juga sudah kita daftarkan. Jadi sudah 100 persen dari awal,” ujar dia.

Di sisi lain, Ganjar juga mengungkapkan kesiapan RSUD Tugurejo, jelang vaksinasi pada 14 Januari mendatang. Kedatangannya ini sekaligus untuk cek kesehatan, karena dirinya menjadi salah satu subjek vaksinasi pada 14 Januari mendatang.

”RS tugu kita pakai untuk melakukan pengecekan temen-temen yang besok akan melakukan vaksinasi untuk pertama kalinya, khususnya jajaran Forkopimda. Tadi Pak Wagub juga sudah, Pak Kajati besok, Pangdam dan Kapolda di RS Polri,” tutur Ganjar.

Hery Priyono-Riyan