blank
Ketua PCNU Kota Semarang Anasom (kanan), saat menyampaikan pengarahan pada pembukaan Rakercab III Gerakan Pemuda Ansor se-Kota Semarang, di Ponpes Roudlotus Saidiyyah, Kalialang, Gunungpati. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, konstribusi Gerakan Pemuda Ansor sangat dirasakan untuk pembangunan, khususnya di bidang kepemudaan Islam.

”Maka dari itu, Pemerintah Kota Semarang selalu menganggap Gerakan Pemuda Ansor sebagai mitra pemerintahan. Ansor bisa dikatakan, mewakili suara kaum pemuda Muslim Indonesia,” kata Wali Kota.

Hendi, sapaan akrabnya, menyampaikan hal itu dalam pidato yang disampaikan secara daring, ketika membuka Rapat Kerja Cabang (Rakercab) III Gerakan Pemuda Ansor se-Kota Semarang, di Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah, Kalialang, Gunungpati, kemarin.

BACA JUGA : PKB Dorong Seluruh Dinas di Pemkot Semarang Bertipe A

Menurut dia, masukan dan peran aktif dari Pemuda Ansor selalu dibutuhkan untuk membantu pembangunan Kota Semarang.

”Tahun ini kita mengalami covid-19. Gerakan Pemuda (GP) Ansor menjadi baris terdepan dalam meringankan beban masyarakat baik sosial utamanya ekonomi. Salah satunya, karena GP Ansor menargetkan 1 juta paket sembako bagi warga terdampak covid-19,” imbuh Hendi.

Sementara itu, pengasuh Ponpes Roudlotus Saidiyyah KH Said Al-Masyhad meminta, Ansor dan Banser terus menjaga NKRI. Dia secara khusus menyampaikan apresiasinya kepada Banser, yang ikut menjaga dan mengawalnya saat terjadi kasus Ninja dan Dukun Santet, beberapa tahun lalu.

Ketua PCNU Anasom menambahkan, Ansor merupakan kader utama dalam perekrutan regenerasi pengurus NU ke depan. Selain gemblengan fisik yang matang, dia minta kemampuan intelektual terus diasah, untuk menghadapi masa depan. Secara khusus Anasom meminta Ansor, untuk aktif mengisi dakwah melalui media sosial.

BACA JUGA : Tetangga Mengamuk, Ibu dan Balita di Kutowinangun Ditebas Pedang

”Mari kita mengisi dakwah Ahlussunnah waljamaah melalui medsos, agar media tidak dipakai untuk provokasi, fitnah, ujaran kebencian dan berita bohong atau hoaks,” imbaunya.

Dalam Rakercab ini dihadiri Ketua PCNU KH Anasom, Mustasyar KH Ahmad Hadlor Ihsan, Pengasuh Ponpes Roudlotus Saidiyyah KH Said Al-Masyhad dan Ketua PW GP Ansor Jateng Sholahuddin Aly.

Ketua PC GP Ansor Kota Semarang, Rahul Saiful Bahri menjelaskan, Rakercab yang diikuti Ketua Pengurus Anak Cabang Ansor dan Banser Kecamataan se-Kota Semarang ini, bertujuan merancang kegiatan selama 2021 dan konsolidasi organisasi.

”Selama 2020 kami konsentrasi pengaderan. Tiap minggu dilaksanakan Pendidikan Kader Dasar (PKD), tiap angkatan rata-rata 50 orang, bahkan ada yang sampai 80 orang. Alhamdulillah, sekarang sudah lengkap semua kecamatan terdapat pengurus Ansor,” terang Rahul.

Riyan-Sol