blank
Kemasan produk olahan rumput laut SMKN 1 Karimunjawa.

JEPARA(SUARABARU.ID)– Membanggakan. Di tengah pandemi yang mengharuskan siswa belajar di rumah, ternyata  para pelajar SMKN 1 Karimunjawa mampu menunjukkan kreativitas dan dan inovasinya. Mereka mengikuti kompetisi Kamp Kreatif SMK Indonesia (Pembelajaran Daring) KKSI 2020 yang dilaksanakan dari tanggal 15 September – 15 Desember 2020.

Dalam kegiatan ini  SMK Negeri 1 Karimunjawa mengikuti cabang lomba budidaya rumput laut dan pengolahan rumput laut.

blank
Kepala SMK Negeri 1 Karimunjawa, Sugiyanto, ST, M.Pd.

Bahkan kemudian pada even bergengsi ini SMKN 1 Karimunjawa berhasil menyabet dua kejuaraan sekaligus.   Juara star up peringkat I nasional dan juara start up harapan 3 Nasional. Untuk start up peringkat I mereka mengambil tema budidaya dan pengolahan rumput laut.

Produk yang diangkat adalah Sedotan Rumput Raut  SERULA yang bukan terbuat dari plastik dengan jenis  Cottony.

Ini sebagai inovasi untuk mengurangi limbah plastik dikawasan yang dikenal sebagai daerah tujuan wisata ini. Sedangkan olahan keripik rumput laut dengan jenis sargasum berhasil meraih  juara start up harapan 3 Nasional.

KKSI adalah even  untuk jenjang SMK di samping Lomba Kompetensi Siswa (LKS). Kegiatan ini untuk mengimplementasikan teknologi terbaru/industri 4.0 dalam proses pembelajaran di SMK. Juga untuk meningkatkan dan pemeratakan kualitas pembelajaran di SMK melalui pelatihan serta meningkatkan akses  pendidikan berkualitas di SMK.

Sementara Kamp Kreatif SMK Indonesia (Pembelajaran Daring) KKSI 2020  merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai hasil sinergi antara Direktorat SMK Kemendikbud, SEAMEO Secretariat Bangkok, SEAMEO Center di Indonesia, Perguruan Tinggi, Lembaga/Institusi yang Relevan, dan Industri.

blank
Proses awal pengolahan rumput laut oleh siswa SMK Negeri 1 Karimunjawa

Jadi Inspirasi

Dalam wawancara khusus dengan SUARABARU.ID, Kepala SMK Negeri 1 Karimunjawa, Sugiyanto, SPd, SST, MPd, menyampaikan apresiasinya terhadap keberhasilan siswanya dalam lomba tingkat nasional tersebut.

“Kami semua guru dan warga sekolah, memang senantiasa mencoba untuk mencarikan wadah bagi  siswa-siswi untuk  dapat menyalurkan ide dan kreativitas,” ujarnya..

Ia berharap prestasi putra – putri Karimunjawa ini dapat menjadi  inspirasi masyarakat Karimunjawa dalam mengelola dan mengembangkan potensi wilayahnya.

“Sumber daya alam Karimunjawa yang sangat ;luar biasa harus dikelola dengan  menghadirkan sumber daya manusia yang kreatif,  inovatif dan berdaya saing,” ujar Sugiyanto.

Ia juga menjelaskan, saat ini SMK Negeri 1 Karimunjawa memiliki program keahlian Agribisnis rumput laut, Agribinis pengalahan perikanan Ikan, Agribisnis Perikanan Laut dan Payau, dan Perhotelan.

Sementara Sigit Aji Riyanto, S.Kel. Guru Agribisnis Rumput Laut selaku pembimbing  M. Dwi Rivaldo, Sutrimo, Joan Firmanda, Iqbal Ma’ruf, Didit Prasetyo, menyampaikan bahwa prestasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh warga sekolah.

Hal tersebut juga menunjukkan bahwa di tengah keterbatasan, pada dasarnya SMK Negeri 1 Karimunjawa dapat bersaing dengan sekolah-sekolah lain.

Sedangkan Sujatmiko, S. Si. Guru Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan  yang membimbing Ismatul Khasanah, Nadia Dwi P, Nur Muhibah, Tiara Cilvia, dan Yunita dalam  pembuatan kripik rumput laut coklat dari jenis sargassum menuturkan,  prestasi tidak diraih dalam satu hari, tapi perlu dipersiapkan dalam waktu yang lama.

Hadepe – ua