blank
Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Ani Sugiharto SIK MSi ketika memberikan keterangan pers pada wartawan. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pada pergantian tahun baru 2021 malam ini, Alun-Alun Wonosobo, seluruh ruang publik, kafe, tempat hiburan malam dan lokasi wisata ditutup untuk umum.

Perihal penutupan ruang publik dan kafe itu, disampaikan Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Ani Sugiharto SIK MSi, di sela-sela menyampaikan laporan akhir tahun 2020 di Ruang Rapat Utama Mapolres setempat, Kamis (31/12).

“Penutupan ruang publik, kafe dan tempat hiburan malam, dalam rangka menghindari kerumunan dan keramaian, guna pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Corona,” tegasnya.

Sebaliknya, pinta Kapolres, warga sebaiknya merayakan pergantian tahun baru 2021 di rumah saja bersama keluarga masing-masing. Itu akan lebih baik, aman dan sehat bagi diri, keluarga maupun orang lain.

Patroli Malam

blank
Aparat keamanan gabungan siap melakukan patroli malam ini ke beberapa titik ruang publik. Foto : SB/Muharno Zarka

Aparat gabungan yang terdiri TNI-Polri, Satpol PP, Disperkimhub, Banser NU, Kokam dan relawan Covid-19, mulai jam 19.00 WIB, akan melakukan apel bersama di halaman Gedung Adipura, dilanjutkan patroli malam ke lapangan.

“Warga juga dilarang membunyikan petasan dan menyulut kembang api pada detik-detik malam pergantian tahun baru. Jika ada yang nekad akan ditangkap dan diberi tindakan tegas,” terangnya.

Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo, pada kesempatan berbeda, juga menyampaikan seluruh Kepala Desa/Kelurahan dan Camat sudah diminta untuk menghimbau warganya tidak keluar rumah pada perayaan malam pergantian tahun 2021 nanti.

“Seluruh aparat keamanan gabungan akan diterjunkan ke lapangan untuk menyisir tempat-tempat yang berpotensi jadi titik kerumunan dan keramaian. Jika ditemukan ada pesta malam tahun baru, akan langsung dibubarkan,” tegasnya.

Muharno Zarka