blank
Petugas Polres Kebumen dibantu Satpol PP memasang Maklumat Kapori di kawasan Alun-alun Kebumen.(Foto;lSB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Polres Kebumen secara masif menggelar pemasangan Maklumat Kapolri tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Libur Natal dan Tahun Baru 2021 di tempat-tempat strategis.

Sejumlah persimpangan jalan, tempat umum, serta perkantoran menjadi sasaranlokasi  pemasangan Maklumat Kapolri. Maklumat Kapolri antara lain dipajang di Alun-alun Kebumen depan Pendapa Rumah Dinas Bupati, Taman Kota HM Sarbini Jalan Ahmad Yani dan sejumlah tempat pemusatan publik.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama saat dikonfirmasi melalui Kasubbag Humas Polres Iptu Sugiyanto mengungkapkan, Maklumat yang dipasang mengikat seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

blank
Petugas Satlantas Polres Kebumen berdiri di papan Maklumat Kapolri yang dipasang di Taman Kota HM Sarbini Jalan Ahmad Yani.(Foto:SB/Ist)

“Maklumat Kapolri ini penting untuk dipatuhi bersama. Tujuannya mengingatkan masyarakat, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan,”jelas Iptu Sugiyanto, Sabtu (26/12).

Dalam Maklumat itu, ada beberapa penekanan Kapolri Jendral Polisi Idham Aziz. Diantaranya, masyaratkat diimbau tidak menggelar kegiatan keagamaan di luar tempat ibadah. Masyarakat juga diingatkan tidak menggelar pesta perayaan pergantian tahun yang bisa mengundang kerumunan, baik berupa arak-arakan, serta pesta kembang api.

Jika ditemui ada warga yang bersikeras menggelar kegiatan tersebut, akan diberikan sanksi atau pun tindakan sesuai undang-undang.”Tujuannya untuk kebaikan bersama. Jangan sampai angka positif corona terus bertambah tinggi yang menyebabkan petugas medis kewalahan. Ini akan merugikan bersama,”jelas Iptu Sugiyanto .

Menurut Kasubbag Iptu Sugiyan, pemasangan Maklumat Kapolri dilakukan di sejumlah tempat strategis dan fasilitas umum yang mudah dibaca oleh masyarakat. Tugas warga yang telah membaca bisa memberitahukan kepada anggota keluarga tentang isi Maklumat tersebut.

Pemasangan di Kebumen, dilakukan mulai tingkat Polres hingga Polsek jajaran.”Kami mengajak masyarakat, mari bersama-sama kita kompak putus penyebaran virus corona covid-19 di Kebumen,” ujar Iptu Sugiyanto.

Pada Sabtu (26/12) malam suasana di kota Kebumen cukup sepi.  Apalagi sejak sore turun hujan lebat. Suasana di seputar Alun-alun Kebumen yang  biasanya ramai juga lengang. Para pedagang kaki lima pun sedikit yang berjualan. Rupanya para PKL telah mengetahui Maklumat Kapolri tersebut.

Komper Wardopo