blank
Ikhwanudin, Mahasiswa Program Doktor Teknik Sipil Unissula

SEMARANG, Dosen Universitas PGRI Semarang Ikhwanudin akan melaksanakan ujian terbuka promosi doktor di Program Doktor Teknik Sipil (PDTS)  Fakultas Teknik Unissula Rabu (23/11). Ia mengangkat judul disertasi  Model Korelasi Catchment Area, Water Storage, Kapasitas Pompa Dalam Sistem Polder Di Semarang.

Mahasiswa angkatan ke dua tahun 2017 tersebut akan berusaha mempertahankan disertasinya di depan tim penguji yang terdiri dari Ir Rachmat Mudiyono MT PhD, Prof Ir Pratikso MST PhD, Prof Dr Ir S Imam Wahyudi DEA, Dr Ir Soedarsono MSi, Prof Dr Ir Muhammad Mukhlisin MT, Prof Dr Ir Antonius MT dan Ir Moh Faiqun Ni’am MT PhD.

Menurut pria kelahiran Boyolali 10 Mei 1969 tersebut berusaha mengurai permasalahan banjir yang merupakan persoalan yang sering terjadi dan menjadi bencana bagi masyarakat.  Banjir sering terjadi di kota Semarang khususnya di sepanjang pantai utara yaitu di sekitar Semarang Indah, kali Semarang, Poncol, Kali Banger dan lainnya.

Selain banjir yang disebabkan curah hujan tinggi ada pula persoalan lain yang sering muncul yaitu adanya rob, di beberapa bagian di wilayah pantura Jawa Tengah. Penyebab timbulnya banjir rob ini adalah naiknya muka air laut dan penurunan tanah. “Untuk mengatasi banjir yang berada di DAS Kali Banger saya mencoba membuat model alternatif kolam retensi yang letaknya di Kelurahan Kemijen Kecamatan Semarang Timur dengan luas 13,54 ha (2% Catchment Area)”, ungkapnya.(suarabaru.id)