blank
Resital biola Kebumen Violin Orchestra tampil di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Minggu 20/12.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Minggu (20/12) Dewan Kesenian Daerah ( DKD) Kebumen menggelar resital biola dengan judul “Dawai Kasih untuk Ibu”.

Konser biola yang diselenggarakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 itu dihadiri Ketua Umum DKD Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo yang didampingi beberapa pengurusnya, dan sejumlah orang tua para violin.

Resital Biola kali ini merupakan persembahan DKD Kebumen bersama Kebumen Violin Orchestra (KVO) Kebumen dalam rangka menyambut Hari Ibu yang ke-92 yang jatuh pada 21 Desember 2020 ini. KVO merupakan wadah bagi anak-anak dan remaja di Kebumen untuk berlatih memainkan biola.

Ketua DKD Kebumen Pekik Satsiswonirmolo mengungkapkan, melalui Resital Biola ini pihaknya berusaha menanamkan kesadaran tentang peran penting seorang ibu di dalam pembangunan karakter generasi muda pada anak-anak, khususnya peserta pelatihan biola pada KVO. Hal tersebut penting mengingat selama ini dalam proses pelaksanaan pelatihan biola pada KVO Kebumen peran ibu sangat dominan.

blank
Penampilan resital biola Kebumen Violin Orchestra diprakarsai Dewan Kesenian Daerah Kebumen memeriahkan Hari Ibu 2020.(Foto:SB/Ist)

Menurut Ketua Panitia “Dawai Kasih untuk Ibu” Agus Sulaiman, acara resital biola kali ini yang terlaksana atas dukungan dari DKD Kebumen, selain dalam rangka menyongsong Hari Ibu juga merupakan agenda tahunan. Konser tersebut  rutin dilaksanakan oleh KVO sebagai bentuk apresiasi pada proses pembelajaran biola di KVO.

“Pada pertunjukan resital biola kali ini diikuti oleh 45 violis anak-anak dan violis remaja.  Violis terkecil kelas 3 SD dan yang remaja kelas 10 MAN, “jelas Agus Sulaiman.

Agus Sulaiman pun menyampaikan ucapan terima kasih pada Pemerintah Kabupaten Kebumen yang telah memberikan dukungan tempat beserta fasilitas yang ada sehingga meskipun dalam suasana pandemi cCvid-19, acara resital biola dapat berlangsung dengan lancar.

blank
Sebanyak 45 violis anak dan remaja dari Kebumen Violin Orchestra tampil pada Dawai Kasih untuk Ibu di Pendopo Kabupaten Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Sementara itu Tofik Ismail selaku pelatih dan konduktor pada resital biola berharap dengan penyelenggaraan resital biola kali ini akan semakin memotivasi anak asuhnya untuk lebih bersemangat dalam berlatih biola. Diharapkan mereka akan berprestasi dan pada akhirnya akan menjadi potensi sumber daya manusia yang membanggakan bagi Kabupaten Kebumen.

Sat Siswonirmolo selaku DKD Kebumen mengapresiasi setinggi-tingginya pada KVO, dan mendorong KVO untuk terus berkarya memberikan pelatihan biola pada anak-anak di Kebumen. Bahkan bakat anak- anak dan remaja di bidang musik perlu terus diasah di era kekinian.

”Mengingat komunitas seni sejenis KVO ini merupakan potensi  seni musik yang langka dan bernilai tinggi sehingga harus terus kita kembangkan dan diberi ruang untuk tampil,”ujar Ketua umum DKD Kebumen itu di sela-sela pertunjukan.

Komper Wardopo