blank
Anggota PPMAW mengikuti apel pagi sebelum buka lapak di Jl Tirto Aji dan Jl Soekarno Hatta Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Ratusan pedagang yang tergabung dalam PPMAW (Paguyuban Pedagang Mingguan Alun-Alun Wonosobo), Minggu pagi (20/12), berkumpul di halaman kantor DPRD setempat.

Mereka berbaris mengikuti apel pagi untuk mendengarkan pengarahan dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM terkait kesiapan teknis untuk berjualan di Jl. Soekarno Hatta dan Jl. Tirta Aji.

Hadir dalam acara tersebut Plt Kepala Dinas Perdagkop UKM Agus Priyatno didampingi Kabid Perdagangan Agung Prabowo dan staf, jajaran pengurus dan pembina PPMAW Idham Cholid.

“Hari ini akan ada pengarahan dari Dinas Perdagangan sebagai bekal untuk kesiapan kita semua berjualan disini. Rencananya memang hari ini mulai berjualan tapi kita tunda dulu,” kata Ketua PPMAW Saad Priono.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian para pedagang yang berseragam dan mengenakan masker itu dengan khidmat mendengarkan pengarahan dari Dinas Perdagkop UKM.

Plt Kepala Dinas Perdagkop Agus Priyatno menjelaskan bahwa pada prinsipnya Pemkab sangat memahami aspirasi para pedagang dan menyetujui mereka berjualan.

“Kami dari Dinas Perdagkop UKM sudah beberapa kali mengadakan rapat gabungan dengan Dinas dan instansi lainnya, kami sudah membahas semua. Mohon para pedagang bersabar saja,” kata Agus yang juga Kepala DPMPTSP itu.

SE Gubernur

blank
Saat buka lapak anggota PPMAW siap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Foto : SB/Muharno Zarka

Lebih lanjut Kabid Perdagangan Agung Prabowo menyampaikan bahwa Pemkab telah mendapat Surat Edaran dari Gubernur Jateng yang isinya bahwa dalam menghadapi Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 supaya tidak ada kegiatan yang berpotensi mengundang kerumunan.

“SE Gubernur ini yang jadi dasar kita. Tentu selepas tahun baruan nanti segera bisa terlaksana. Mungkin tanggal 3 atau 10 Januari,” tegasnya disambut tepuk tangan para pedagang.

Agung yang juga mantan pasukan khusus Banser NU Wonosobo itu juga membacakan beberapa pesan tertulis dari Sekda Wonosobo. Diantaranya bahwa disposisi dari Bupati yang sampai hari ini belum turun.

“Jadi kami juga masih menunggu disposisi dari Bapak Bupati. Bagaimana tentang pelaksanaannya, siapa yang bertanggungjawab nanti, itu yang kami tunggu,” jelasnya.

Pembina PPMAW Idham Cholid yang juga Ketua GMPK Wonosobo juga memberikan pesan untuk para pedagang agar bersabar dan tetap mematuhi prosedur, juga mentaati protokol kesehatan Covid-19.

“Kalau hanya disposisi Bupati yang ditunggu, segera nanti perwakilan pedagang akan beraudiensi dengan Bupati Wonosobo Eko Purnomo,” tegasnya singkat.

Muharno Zarka