blank
Bhabimkamtibmas Desa Bangowan, Kecamatan Jiken, Blora, Bripka (Pol) Nyamat, menyerahkan bantuan pohon cemara untuk penghijauan Bukit Kunci. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID)– Anggota Polres Blora yang bertugas di Polsek Jiken, dengan berbagai cara berupaya menciptakan situasi keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas), yang aman dan kondusif di wilayahnya.

Untuk keperluan itu, Kapolsek Jiken, Iptu (Pol) Nur Dwi Edi, terus mendorong dan memberdayakan anggotanya terutama Bhabinkamtibmas, untuk menjadi pelopor Kamtibmas di wilayah binaannya masing masing.

Salah satunya seperti dilakukan personel Bhabinkamtibmas Desa Bangowan, Bripka (Pol) Nyamat Ari Widodo, Rabu (16/12/2020), dengan membuat terobosan kreatif di bidang pariwisata.

BACA JUGA : Covid-19 Merebak, Pemkab Blora Berlakukan Jam Malam

Berawal dari ide kecil bersama perangkat desa, Bhabinkamtibmas itu menggagas cara mengembangkan kawasan Bukit Kunci, menjadi sebuah wisata alam yang indah.

Perlu diketahui, Bukit Kunci terletak di Desa Bangowan, Kecamatan Jiken, Blora, yang menjadi salah satu dataran tinggi dengan pemandangan alam yang indah.

Objek wisata yang tengah ditata warga setempat itu, juga menghasilkan buah khas berupa sawo super organik, khas Desa Bangowan.

Berawal dari itulah, lanjut Kapolsek Jiken, Bhabinkamtibmas Bripka Nyamat mendorong dan membantu warga setempat, untuk mengembangkan wisata Bukit Kunci agar lebih menarik wisatawan.

”Kini Bukit Kunci menjadi salah satu objek wisata alam yang lumayan ramai dikunjungi warga,” jelas Iptu (Pol) Nur Dwi Edi.

Sebelumnya, anggota Poksek Jiken menginisiasi pengadaan wifi di lokasi Bukit Kunci. Disusul Bripka Nyamat menyerahkan bantuan bibit pohon cemara, kepada pengelola wisata.

Ada pun bibit pohon cemara itu dibeli dari hasil gaji Bripka Nyamat sebagai anggota Polri. ‘Bersama warga, Bripka Nyamat menanam 10 pohon cemara, tujuannya agar bisa menambah keindahan dan kesejukan wisata Bukit Kunci,” lanjut Iptu (Pol) Nur Dwi Edi.

Mini Menara Eifel
Pohon cemara diserahkan secara simbolis kepada perwakilan pengelola, Hanif Masadini, kemudian ditanam bersama di kawasan Bukit Kunci.

”Inilah salah satu bentuk sinergitas yang kuat antara Bhabinkamtibmas bersama warga, dilanjutkan kerja bakti menanam pohon cemara,” papar Kapolsek Jiken.

Terpisah, Bripka Nyamat menambahkan, bantuan bibit pohon cemara akan dia lakukan secara berkelanjutan, sehingga bisa menjadi penyejuk serta tempat yang teduh bagi para pengunjung.

Di atas puncak Bukit Kunci, telah dibangun taman-taman yang indah, berikut aneka macam tanaman bunga dan sayuran.

Pengelola juga telah menyiapkan spot untuk berswafoto atau selfi dari atas puncak Bukit Kunci, ada menara, dan penduduk setempat menyebutnya mini menara eifel.

Bagi pengunjung tak perlu khawatir jika haus ataupun lapar, karena diatas puncak Bukit Kunci ada beberapa warung warga, yang menyediakan kuliner lokal khas daerah setempat.

blank
Bripka (Pol) Nyamat ikut juga dalam kerja bakti dengan warga, untuk menanam pohon cemara di Bukit Kunci. Foto: Ist

Salah satu menu andalannya adalah, rica-rica khas Bangowan, dan nasi jagung khas Blora dengan lauk sambel gereh dan menu makanan tradisional lainnya.

Wisata Bukit Kunci ramai dikunjungi saat liburan atau akhir pekan. Untuk sampai ke wisata alam ini, pengunjung bisa menggunakan sarana transportasi kendaraan roda empat atau mobil pribadi.

Namun tak jarang pengunjung yang datang dengan mengayuh sepeda ontel, trabas alas menggunakan sepeda motor trail dan transportasi lainnya.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit dari Alun-alun Kota Blora sampai di Bukit Kunci. Dan dengan berkembangnya wisata ini, diharapkan bisa menambah geliat perekonomian warga sekitar.

Alhamdulillah, wisata Bukit Kunci ramai dikunjungi, baik pengunjung dari Blora maupun dari luar daerah,” kata Kepala Desa Bangowan, Sudarto.

Kades Bangowan ini juga memuji dan mengapresiasi aktifnya Bhabinkamtibmas dalam pengembangan wisata Bukit Kunci. Dan setiap saat dibutuhkan selalu ada dan datang dengan ide-ide dan inovasi baru.

Wahono-Riyan