Edin Terzic/dok

DORTMUND (SUARABARU.ID) – Hasil buruk dalam tiga laga terakhir membuat manajemen Borussia Dortmund mendepak pelatih Lucien Favre. Posisi pelatih sementara akan dipegang Edin Terzic yang sebelumnya menjabat asisten pelatih. Debut Terzic adalah menghadapi tuan rumah Werder Bremen dalam lanjutan Bundesliga pada Rabu (16/12) dini hari WIB.

Kontrak Favre sejatinya berakhir musim panas nanti. Sejak menangani Die Borussen pada 2018, dia punya catatan 68 kemenangan, 18 imbang, dan 24 kekalahan. Sejak pandemi Covid-19, Dortmund menelan enam kekalahan dari delapan partai terakhir.

Bahkan, dalam tiga pertandingan kandang terakhir, Mats Hummels dan kolega selalu kalah. Dortmund kini tertahan di posisi keenam, selisih lima poin dari Bayern Munich yang memimpin klasemen. Digadang-gadang sebagai pesaing kuat Bayern, mereka malah tertatih-tatih.

Kelolosan Die Borussen ke babak 16 besar Liga Champions ternyata tak menolong karier Favre. CEO Dortmund Hans-Joachim Watze berharap pelatih asal Swiss itu bisa kembali cemerlang selepas meninggalkan Lembah Ruhr. Kini, manajemen harus mencari penerus Lucien.

Kabarnya, Marco Rose, yang sekarang menukangi Borussia Moenchengladbach, menjadi favorit. Selain Rose, Pelatih Red Bull Salzburg, Jesse Marsch, merupakan alternatif. Yang jelas, Dortmund butuh pelatih tetap untuk mengarungi kompetisi yang masih panjang.

rr