blank
Di aula SMA Negeri 2 Wonogiri, Kasdim 0728 Mayor (Inf) Nurul Muthahar (berdiri), menyampaikan materi penguatan karakter sebagai pilar wawasan kebangsaan (Wasbang) dan nasionalisme.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Lima ciri kepemimpinan yang berintegritas tinggi, adalah hati-hati dalam berucap, dapat memegang perkataan, jujur dalam bekerja, taat kepada peraturan, dan siap bertanggung jawab.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0728 Wonogiri Mayor (Inf) Nurul Muthahar, mengungkapkan hal tersebut ketika menyampaikan materi penguatan karakter sebagai pilar wawasan kebangsaan (Wasbang) dan nasionalisme. Penguatan karakter ini, digelar aula SMA Negeri 2 Wonogiri, diikuti oleh para siswa perwakilan dari SMA Negeri 1, 2 dan 3, SMA Negeri 1 Girimarto, SMA Negeri 1 Sidoharjo dan SMA IT Al Huda Wonogiri.

Acara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona. Dibuka oleh Kepala SMA Negeri 2 Wonogiri, Sumanto. Kata Sumanto, meski dalam masa pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19, para siswa diseru untuk tetap semangat dalam belajar.

Dalam kesempatan tersebut, Kasdim menyampaikan tentang pentingnya integritas yang harus dipunyai oleh generasi muda. ”Karena pemuda merupakan calon pemimpin bangsa,” tegasnya sembari menjelaskan tentang sifat-sifat pemimpin.

Orang nomor dua di Kodim 0728 Wonogiri ini, menyatakan, untuk menyiapkan generasi muda menjadi calon pemimpin, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya, memberikan ruang kemandirian sejak dini, membiasakan untuk memiliki tujuan yang jelas, melatih disiplin sesuai dengan kebutuhan, memfasilitasi peengembangan berbagai potensi kemampuannya, dan mengurangi dominasi orang tua secara bertahap. ”Masa depanmu adalah masa depan bangsamu,” tegas Kasdim.

Di masa pandemi Covid-19, siswa-siswi diseru untuk menjaga kesehatan dengan tidak tidur larut malam, dan menjaga kebugaran tubuh melalui rajin berolahraga, serta senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam setiap melaksanakan aktivitas.

Bambang Pur