blank
Dini hari tadi, Tim Covid Kabupaten Wonogiri memakamkan lagi jenazah secara protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim Covid Kabupaten Wonogiri, Senin dinihari (23/11) tadi, memakamkan lagi jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona. Ini setidak-tidaknya menjadi pemakaman secara Prokes yang ke 44 kalinya, dalam tempo 71 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatahan, yang dikuburkan dinihari tadi adalah jenazah seorang pria berstatus Bapak S (37), warga asal Dusun Pule, Desa Pule, Kcamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Yang bersangkutan, sebelumnya menjadi pasien Rumah Sakit Umum (RSU) Dokter Oen, Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo.

Pemulasaraan jenazah (pangrukti layon)-nya ditangani oleh pihak RSU Dokter Oen, Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo. Kemudian prosesi penguburannya, dilaksanakan oleh Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri. Berlangsung Pukul 02.00 sampai dengan Pukul 03.15 Senin dinihari (23/11). Bertempat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Sidokarto, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.

blank
Untuk menerangi gelapnya kondisi malam, dipasang lampu listrik darurat yang jaringannya ditarik dari rumah warga terdekat dengan lokasi TPU Kelurahan Sidokarto, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.

Domisili Awal
Bambang Haryanto, yang juga menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid)-19 Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, lokasi pemakaman di TPU Kelurahan Sidokarto, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, itu sesuai dengan permintaan keluarga almarhum.

Karena domisili awal almarhum di Lingkungan Kwangsan, Kelurahan Sidokarto, Kecamatan Girimarto (sekitar 30 Kilometer arah timur laut Ibukota Kabupaten Wonogiri).

blank
Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri yang dinihari tadi melaksanakan penguburan mayat secara Prokes, terdiri atas personel BPBD, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres, relawan PMI dan dibantu oleh TKSK Girimarto.

Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri yang melaksanakan tugas penguburan, terdiri atas personel dari BPBD Kabupaten Wongiri, prajurit TNI dari Kodim 0728 dan anggota Polres Wonogiri. Dengan melibatkan relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri, dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Girimarto.

Gelapnya Malam
Ikut hadir menyaksikan penguburan, jajaran Forkompimcam Girimarto, aparat Kelurahan Sidokarto, Kecamatan Girimarto, Wonogiri, bersama perwakilan keluarga almarhum. Untuk membantu kelancaran tugas pemakaman dalam kondisi gelapnya malam, warga peduli membuatkan penerangan darurat. Caranya, dengan membuat sambungan jaringan kabel listrik dari rumah terdekat, untuk menyalakan lampu penerangan di liang lahat TPU Desa Sidokarto.

blank
Menandai selesainya tugas penguburan, Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri, menyempatkan berdoa untuk almarhum.

Sampai dengan Senin (23/11), total pemakaman jenazah secara Prokes pencegahan pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri tercatat sebanyak 62 mayat. Perinciannya, pada Bulan Agustus 2020 dimakamkan sebanyak 8 jenazah.

Kemudian pada Bulan September 2020 memakamkan sebanyak 15 jenazah, Oktober (19 jenazah) dan Bulan Nopember 2020 sampai dengan Senin (23/11) sebanyak 17 jenazah. Sebelumnya, pada Bulan April, Juni dan Juli 2020, memakamkan masing-masing satu jenazah.

Bambang Pur