blank
Para penerima bantuan kemitraan berfoto bersama dengan perwakilan dari PT AP I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Foto: hery priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Akibat pandemi covid-19 yang tak kunjung berakhir, perekonomian di dunia maupun di Indonesia mengalami penurunan. Di luar sana, banyak para pekerja maupun pemilik usaha yang terdampak, seperti pengurangan pegawai ataupun penurunan daya beli masyarakat.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dari salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sampai dengan November 2020, PT Angkasa Pura I (AP I) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, telah menyalurkan pinjaman kemitraan kepada 17 UMKM.

Ada pun bantuan permodalan kemitraan yang diberikan ke UMKM itu sebesar Rp 1.080.000.000. Pinjaman Kemitraan ini diberikan kepada UMKM yang berada di wilayah Jawa Tengah, dari berbagai sektor industri, perdagangan, dan jasa.

BACA JUGA : PT Pura Barutama Kudus Terima Penghargaan dari Menkumham

Acara penyaluran pinjaman kemitraan kali ini dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, yang dihadiri General Manager beserta jajarannya, serta tujuh mitra binaan terpilih, Jumat (13/11/2020).

Dalam keterangannya, General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyampaikan apresiasinya kepada tujuh mitra binaan yang terpilih. Para penerima kemudian berhak memperoleh pinjaman kemitraan, untuk dapat digunakan sebagai pengembangan usaha yang dimilikinya.

”Kami harap usaha yang dijalankan akan berjalan dengan baik. Bantuan yang diberikan dapat bermanfaat, sehingga para mitra binaan dapat tumbuh menjadi pengusaha kecil yang tangguh dan mandiri,” jelas Hardi.

Rp 26 Miliar
Di bulan November 2020, total nilai yang disalurkan sebesar Rp 430.000.000, yang disalurkan kepada tujuh UMKM. Selain diberikan modal pinjaman, AP I memiliki program pembinaan berupa kesempatan untuk mengikuti pameran produk, pelatihan pengembangan usaha dan pemagangan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas produksinya.

”Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi UMKM yang ada di Jawa Tengah, serta dapat meningkatkan perekonomian bagi daerah sekitar,” harap dia.

Sementara itu, sejak 1993 sampai dengan 2020, AP I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, telah menyalurkan pinjaman kemitraan sebesar Rp 26 mliar kepada 878 Mitra Binaan terpilih, yang telah memenuhi persyaratan.

”Sebagai salah satu BUMN, AP I selalu berusaha semaksimal mungkin untuk turut serta dalam meningkatkan kondisi sosial masyarakat sekitar, agar keberadaan perusahaan juga dapat dirasakan nilai positifnya oleh masyarakat. Ini juga sebagai bentuk peran serta Angkasa Pura I, dalam membantu UMKM bertahan dalam masa pandemi covid-19,” tukasnya.

Hery Priyono-Riyan