blank
Bupati HM Natsir menandatangani prasasti, dalam peresmian Gedung PSC 119, dan tiga puskesmas pada peringatan HKN ke-56. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Bertepatan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56, Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, memperingatinya dengan melakukan apel bersama, sekaligus peresmian Gedung Public Safety Center (PSC) 119 dan tiga puskesmas.

Gedung PSC 119 sendiri ada di Jalan Sultan Hadiwijaya nomor 44 Demak. Sedangkan tiga puskemas baru itu yakni, Puskesmas Guntur II, Puskesmas Bonang II dan Puskesmas Karangawen II.

Pada apel peringatan HKN ke-56 dan peresmian ini, diikuti seluruh pegawai Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Demak dan dihadiri Bupati HM Natsir, Wakil Bupati Joko Sutanto, Sekda Singgih Setiyono, seluruh Asisten Sekda, Kepala Dinas Kesehatan Guvrin Heru Putranto, serta organisasi profesi, di Gedung PSC 119, Kamis (12/11/20).

BACA JUGA : PWI Pusat Siapkan Sanksi Keras bagi Wartawan Pendukung Paslon di Pilkada 2020

Bupati dalam kesempatan itu menyampaikan, melalui momentum HKN ke-56 ini, dia berharap bisa menyatukan tekad menuju Indonesia sehat. Jadikan peringatan ini sebagai pengingat, untuk senantiasa mengedukasi masyarakat akan pentingnya Kesehatan.

”Ajak masyarakat agar menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan menerapkan protokol kesehatan. Karena sekuat apa pun upaya pemerintah tidak akan cukup, jika tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan,” kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinkes Guvrin Heru Putranto dalam laporannya menjelaskan, pembangunan Gedung PSC 119 dan tiga puskesmas itu, dilatarbelakangi, atas keinginan untuk meningkatkan performance kinerja serta meningkatkan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat.

blank
Kepala Dinas Kesehatan, Guvrin Heru P, saat menyampaikan laporan kegiatan pada apel peringatan HKN ke-56. Foto: rudy

PSC 119 sendiri merupakan pelayanan untuk memberikan pertolongan kegawatdaruratan pra rumah sakit. Ini bertujuan untuk menyelamatkan jiwa, dan merupakan ujung tombak layanan untuk mendapatkan respon cepat. PSC 119 juga dilengkapi sarana prasarana pendukung, seperti gedung, ambulance serta mobil jenazah.

”PSC 119 disiapkan untuk membantu masyarakat dalam keadaan gawat darurat. Masyarakat bisa menghubungi di nomor telepon 119. Kami akan memberikan bantuan secara cepat. dengan melibatkan puskesmas yang terdekat dengan posisi pelapor,” ungkapnya.

Sebelum melakukan peninjauan Gedung PSC 119, Bupati didamping Wakil Bupati melakukan pemotongan tumpeng, serta menandatangani prasasti. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikasi akreditasi enam puskesmas dan 11 klinik, serta pemotongan pita sebagai simbol peresmian Gedung PSC 119 dan tiga puskesmas.

Rudy-Riyan