blank
Relawan disabilitas Kebumen menggelar diskusi virtual untuk menyambut Hari Disabilitas Internasional .(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Gerakan Peduli Indonesia Inklusi (GAPAI) Kebumen sebagai  salah satu komunitas yang bergerak di bidang kerelawanan menggelar berbagai kegiatan menyambut Hari Disalibitas internasona awal Desember mendatang.

Apri Kuncoro, aktivis GAPAI Kebumen Rabu (4/10) menjelaskan, pada Minggu 1 November 2020 lalu Pukul 15.30-17.30 digelar diskusi dipimpin oleh Muhammad Tanzi (22) selalu Ketua GAPAI Kebumen, dengan dimoderatori Muhammad Ulil Amri. Kegiatan diawali pendaftaran relawan yang sudah terjaring sebanyak 24 orang.

Masing-masing ditugaskan untuk divisi acara dan divisi publikasi. Kondisi masih dalam pandemi Covid-19 kemungkinan akan diadakan secara virtual. Diskusi secara daring diawali dengan perkenalan masing-masing relawan. Terpilih berjumlah 24 orang remaja yang sebagian besar berasal dari Kebumen dan sekitarnya.

Diskusi juga membahas agenda dalam rangka menyambut Hari Disabilitas Internasional, seperti konser virtual, lomba menulis esai, dan talk show yang berkaitan dengan disabilitas.

“Kegiatan lain berupa Gebyar GAPAI menyambut Hari Disabilitas Internasional dengan tujuan mempererat tali silaturahmi diantara komunitas disabilitas di Kebumen dan sekitarnya sehingga tercipta sinergi kuat,”jelas  Muhamad Tanzi.

Apri Kuncoro yang juga aktif sebagai penulis buku dan penggiat literasi asal Gombong itu menambahkan, Hari Disabilitas Internasional jatuh pada 3 Desember 2020 mendatang. Kegiatan Gebyar Disabilitas akan digelar sebulan ke depan.

Dia mengakui, komunitas GAPAI Kebumen saat  ini beranggotakan anak muda yang peduli pada kerelawanan dan membantu komunitas disabilitas. Tujuannya memberi semangat serta memberdayakan kaum disabilitas untuk menumbuhkan percaya diri di kalangan mereka.

Komper Wardopo