blank
Kepengurusan Mangkupraja (Paguyuban Kepala Desa) se-Kabupaten Temanggung periode 2020-2026 saat dikukuhkan oleh Bupati Temanggung, M Al Khadziq. Foto: suarabaru.id/ Yon

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID) –Bupati Temanggung M Al Khadziq meminta keberadaan Mangkupraja (Paguyuban Kepala Desa) se-Kabupaten Temanggung bisa bekerja sama dengan berbagai pihak. Baik dengan pemerintah maupun berbagai organisasi masyarakat secara sinergis dan harmonis .

“Jadikan Mangkupraja sebagai solusi dari setiap permasalahan kehidupan masyarakat yang kompleks dan majemuk. Oleh karena itu setiap anggota diharapkan mampu menyikapi persoalan yang muncul secara bijak dan solutif, ” kata Bupati Temanggung M Al Khadziq pada  pengukuhan ” Mangkupraja ” periode 2020 – 2026 di Pendopo Pengayoman Temanggung.

blank
Bupati Temanggung M Al Khadziq. Foto: Yon

Khadziq mengatakan, dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak diharapkan pula saat menjalankan tugas dan fungsinya secara  optimal.

Selain itu, keberadaan Mangkupraja  hendaknya berperan aktif dalam pembangunan, sehingga berkontribusi positif untuk kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

ke depan Mangkupraja di bawah kendali ketua yang baru  semakin solid, maju dan berkembang berkontribusi positif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, Paguyuban Kepala Desa merupakan organisasi sosial yang diharapkan mampu memberikan kontribusi dan melakukan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan pembangunan desa.

Selain itu proaktif membina masyarakat dan memberdayakannya sehingga tercipta kemandirian seluruh masyarakat.

Sementara itu, Ketua Mangkupraja Muhammad Arifin mengatakan, setelah pengukuhan tersebut keberadaan Mangkupraja sebagai organisasi yang mandiri dan independen  lebih mantap untuk bergerak

Ia juga menambahkan, keberadaan Mangkupraja bisa menjadi wadah untuk bersilaturahmi antarkepala desa,  sehingga dapat menjalin komunikasi yang efektif dan efisien berkait tentang pemerintahan desa.

Untuk itu diperlukan  dukungan semua pihak agar bisa sukses mengemban tugas utamanya dalam nyengkuyung jalannya pemerintahan desa supaya optimal.

“Paguyuban Mangkupraja merupakan wadah menyatunya para Kepala Desa se-Kabupaten Temanggung. Melalui  paguyuban iniisa menjadi wadah untuk bersilaturahmi antarkepala desa, ” katanya Arifin yang juga Kepala Desa Gondosuli, .

Adapun kepengurusan Mangkupraja yang dikukuhkan  yakni,  Ketua Muhammad Arifin, Sekretaris Miftahudin, Bendahara Gayatri Palupi dan dibantu sejumlah divisi.

Yon-trs