blank
Akadmei Militer (Akmil) Magelang. Foto: Yon

MAGELANG (SUARABARU.ID)– Para taruna-taruni Akademi Militer ( Akmil ) tingkat II dan III akan melaksanakan kegiatan aplikasi teritorial dan praja bakti TNI di wilayah Kabupaten dan Kota Magelang di bulan November ini.

“Tujuan dari kegiatan tersebut yakni, mendekatkan diri taruna kepada masyarakat, utamanya yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang. Karena, selain memberikan materi profesional militer, kami  memberikan pengetahuan tentang komunikasi dengan masyarakat dan membina wilayah,” kata Gubernur Akmil, Mayjen TNI Totok Imam kepada wartawan, Selasa ( 3/11).

blank
Gubernur Akmil, Mayjend TNI Totok Imam . Foto: suarabaru.id/ Yon

Totok Imam mengatakan, kedua kegiatan tersebut akan dilaksanakan di dua wilayah yakni Kota dan Kabupaten Magelang. Untuk aplikasi teritorial akan dilaksanakan selama dua hari, sedangkan  praja bakti taruna akan dilaksanakan pada akhir November ini selama satu minggu.

Sedangkan tujuan dari kegiatan tersebut yakni, mendekatkan diri taruna kepada masyarakat, utamanya yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang.

Menurutnya, pelaksanaan aplikasi teritorial dan latihan  praja bakti taruna ini merupakan bagian dari penerapan Penta Helix Collaboration yang melibatkan kalangan akademik, pengusaha, komunitas, pemerintah dan media.

Ia menambahkan , selama menjalani pendidikan militer di Lembah Tidar, para taruna-taruni mendapatkan materi pendidikan  profesional militer dan juga diberikan pengetahuan tentang komunikasi dengan masyarakat serta pembinaan wilayah.

Totok mengatakan, pada kegiatan  tersebut para taruna dan taruni Akmil akan membantu masyarakat di dua wilayah dengan membantu pembangunan secara fisik dan nonfisik. Utamanya bagi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 ini.

Untuk pembangunan fisik seperti perbaikan tempat ibadah, perbaikan irigasi dan lainnya. Sedangkan yang bersifat non fisik berupa penyuluhan kesehatan utamanya pencegahan penularan virus corona.

Yon-trs