blank
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (tengah), berfotop bersama, usai meluncurkan rute Elite Race Borobudur Marathon 2020, di Magelang, Sabtu (31/10/2020). Ikut mendampingi Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An (kedua dari kanan), Dirut Bank Jateng Supriyatno (paling kanan), serta panitia penyelenggara Adi Prinantyo dan Lukminto Wibowo. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, melakukan pengenalan sekaligus menyosialisakan rute untuk kategori Elite Race Borobudur Marathon (BorMar) 2020, di Manohara Resort, Magelang, Sabtu (31/10/2020).

Saat simulasi dan sosialisasi rute kepada kepada warga masyarakat Magelang, Gubernur melakukannya dengan bersepeda dan mengenakan standar protokol kesehatan.

Dalam kegiatan yang bertajuk Spedia itu, Ganjar didampingi Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno, Ketua Yayasan Borobudur Marathon, Liem Chie An serta panitia penyelenggara Lukminto Wibowo dan Adi Prinantyo.

”Melalui pengenalan dan peluncuran serta sosialisasi ini, harapan kami masyarakat bisa tahu dan menerima kehadiran Borobudur Marathon, meskipun dalam situasi pandemi covid-19,” kata Lukminto, saat dihubungi, kemarin.

BACA JUGA : Tour de Borobudur, Ini Contoh Penyelenggaraan Event Saat Pandemi

blank
Rute Elite Race dalam Borobudur Marathon 2020. Foto: dok/ist

Dijelaskan dia, ajang BorMar yang digelar pada 15 November mendatang itu, berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, dengan menggunakan konsep Hybrid, yaitu kombinasi elite runner dan virtual.

Ketegori Elite Runner diikuti 30 pelari, dan mengambil rute di lingkungan Taman Lumbini Candi Borobudur, tanpa penonton. Sedangkan kategori virtual melibatkan 9.090 pelari di daerahnya masing-masing.

Kegiatan bersepeda diawali dengan bersepeda di Balkondes Ngaran, dan berakhir di dalam kawasan Candi Borobudur. Selama perjalanan, Ganjar menyapa warga di sekitar kawasan Candi Borobudur. Warga diimbau untuk taat pada protokol yang telah ditetapkan.

Di bagian lain, Ketua Yayasan Borobudur Liem Chie An berharap, pelaksanaan BorMar tahun ini diharapkan tetap memberikan suntikan semangat kepada pelaku usaha dan pelaku wisata di Magelang.

blank
Para pesepeda bersiap mencoba rute Borobudur Marathon 2020. Foto: dok/ist

Pastikan Keamanan
”Pandemi tak membuat kami menyerah. Borobudur Marathon tetap ada meskipun dengan protokol kesehatan yang ketat. Kami terus mempertahankan gaung even ini kepada pelaku usaha dan dunia,” ungkapnya.

Sementara itu, Race Director Borobudur Marathon 2020, Andreas Kansil, menegaskan, pihak penyelenggara sudah menyiapkan sejumlah prosedur untuk memastikan keamanan para atlet. Prosedur kesehatan itu bahkan sudah berlaku sebelum para pelari menginjakkan kaki di Magelang.

Setelah sampai, para atlet pun masih harus melalui beberapa kali tes sebelum mulai menjalani karantina, dan mendapatkan monitoring dari tim dokter.

Titik start dan finish BorMar sendiri berada di Taman Lumbini. Rute sejauh 42,195 km itu, akan dilalui pelari secara looping sejauh kurang lebih 3,5 km sebanyak 12 kali. Penonton yang ingin menyaksikan persaingan sengit para pelari Nasional di ajang BorMar, bisa melihat langsung di Kompas TV pada 15 November mulai pukul 05.00 WIB.

Sejumlah pelari elit Nasional memang akan menyemarakkan even BorMar kali ini. Di antaranya Juara II Bormar 2019 kategori Elite Nasional Muhammad Ady Saputra, juara BorMar 2018 nomor Half Marathon Putri Odekta Elvina Naibaho, dan juara BorMar 2018 nomor 10 km Putra Atjong Tio Purwanto.

Daftar peserta Elite Race BorMar 2020 Putra:
Muhammad Ady Saputra
Welman David Pasaribu
Rudi Febriade
Nugroho
Ranto
Try Sutrisno
Robi Syianturi
Ridwan
Risqi Dwi Kurniawan
Betmen Manurung
Atjong Tio Purwanto
Imam Mahdin
Amri Wahyudin
Suwandi
Isak Cerlintho Aleut
Hamdan Syafril Sayuti
Anjelica Br Ginting
Eldak Kafolamau
Nurshodiq

Putri:
Odekta Elvina Nalbaho
Tria Suryani Ningsih
Sharfina Sheila Rosada
Yulianti Utari
Juni Ramayani
Yulianingsih
Irman Handayani
Oliva Sadi
Pretty Sihite
Dwi Tiansi Anggraini

Riyan-Sol