blank
Di tengah kegelapan malam, Tim Covid Kabupaten Wonogiri memakamkan jenazah secara protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona di TPU Manjung, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sehari, Tim Covid Kabupaten Wonogiri, memakamkan lagi dua jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona. Dalam tempo 46 hari belakangan ini, di Wonogiri telah dimakamkan sebanyak 28 jenazah secara Prokes.

Dua jenazah yang dimakamkan pada hari Selasa (27/10), terdiri atas jenazah pasien RSUD Wonogiri atas nama Kakek RHC (70), warga Dusun Banyak, Desa Manjung, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Pemakamannya berlangsung Pukul 22.45 sampai dengan Pukul 23.50 menjelang tengah malam.

Penguburan jenazah kakek RHC dilaksanakan oleh Tim Covid Wonogiri di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Manjung, Wonogiri. Sebelumnya, tindakan pemulasaraan (pangrukti layon) dilakukan oleh Tim Medis RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri.

blank
Tanpa mengenal waktu siang atau malam, Tim Covid Kabupaten Wonogiri, semalam memakamkan lagi jenazah pasien rumah sakit, yang dilaksanakan secara protokol kesehatan.

Dusun Kuripan
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, pemakaman jenazah kakek RHC dilaksanakan setelah penguburan jenazah pria berinisial TH (58) warga Dusun Kuripan, Desa Genukharjo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Pemulasaraan jenazah TH dilakukan oleh Tim Medis RS Satu Asih, di Cileduk, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Jenazahnya kemudian diangkut mobil mayat, menuju ke pemakaman Astono Jatimaloyo di Dusun Kuripan, Desa Genukharjo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

”Dalam sehari kemarin, kami menguburkan dua jenazah secara protokol kesehatan pencegahan Covid,” jelas Bambang Haryanto yang juga menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) penanganan Corona Virus Disease (Covid)-19 Kabupaten Wonogiri. Proses penguburan dua jenazah di dua wilayah kecamatan terpisah tersebut, berlangsung sampai tengah malam.

blank
Jenazah pasien dari Rumah Sakit Cileduk, Tangerang, Banten, dimakamkan oleh Tim Covid Wonogiri di TPU Genukrejo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Kegelapan Malam
Untuk membantu kelancaran penguburan yang berlangsung di kegelapan malam, warga bersama perangkat desa peduli membantu memberikan penerangan listrik yang ditarik dari jaringan terpasang di rumah terdekat dengan makam.

blank
Menandai selesainya pemakaman secara protokol kesehatan, Tim Covid Kabupaten Wonogiri berdoa bersama untuk memohonkan kebaikan, di pusara jenazah yang dimakamkannya.

Tim Covid Kabupaten Wonogiri yang bertugas memakamkan terdiri atas personel dari BPBD Kabupaten Wonogiri, prajurit TNI Kodim 0728 dan anggota Polres Wonogiri, bersama relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri.

Hadir menyaksikan pemakaman jajaran Forkompincam Kecamatan Wonogiri Kota dan Forkompincam Kecamatan Wuryantoro, tenaga Kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Wonogiri dan Puskesmas Wuryantoro, aparat pemerintah Desa Manjung dan Desa Genukharjo beserta perwakilan dari keluarga dua almarhum.

Bambang Pur