blank
KETERANGAN - Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Wasmad Edi Susilo saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan di kantornya. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Hasil rapid tas dan swab yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Tegal, terhadap 99 orang terkait dangdutan di Kota Tegal, negatif.

Yang punya hajat, Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Wasmad Edi Susilo dikantornya kepada sejumlah wartawan Senin (1910/2020) menyampaikan, usai menggelar hajatan dengan dangdutan yang sempat viral dirinya berkoordinasi di dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Tegal untuk melakukan swab terhadap 6 orang yakni keluarga dilakukan di kediamannya pada Jumat (15/9/2020).

Swab kedua dilakukan terhadap panitia hajatan sebanyak 42 orang telah dilakukan di Puskesmas Kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Sabtu (26/9/2020).

Untuk swab tahap ketiga, dilakukan terhadap 51 tamu undangan yang hadir saat hajatan pada Senin (28/9/2020) hingga total yang telah dilakukan swab sejumlah 99 orang.

“Alhamdulillah dari pengambilan rapid tes dan swab terhadap 99 orang saat saya hajatan baik dari keluarga, panitia dan tamu hasilnya negatif,” kata Wasmad.

Pengambilan swab dilakukan Wasmad yakin masyarakat pasti cemas karena diduga ada potensi kluster yang diakibatkan dari hajatan dirinya.

“Dari 99 orang yang menjalani rapid tes dan swab semua hasilnya non rekatif atau negatif. Saya sangat bersyukur yang selama ini dikhawatirkan oleh masyarakat banyak, Al hamdulillah semuanya tidak berdampak,” ungkap Wasmad.

Boleh dikatakan dengan hajatan kemarin urai Wasmad, tidak ada kluster yang disebabkan dari hajatan dirinya.

Menyinggung persoalan hukum, Wasmad menegaskan pihaknya akan pro aktif mengikuti semua proses. Sebab, sebagai warga negara yang baik harus taat kepada hukum.

“Sejauh ini pelimpahan berkas tahap 1 dari Polda jateng ke Kejati. Nanti akan diikuti dari Kejati ke Kejari. Kami pro aktif memghormati proses itu karena kami warga negara yang taat hukum. Kami berharap agar secepatnya selesai,” pungkasnya.

Secara terpisah Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi membenarkan hal tersebut. Laporan dari Dinas Kesehatan terkait hasil pemeriksaan terhadap 99 orang yang terkait konser dangdut hajatan Wasmad Edi Susilo dinyatakan negatif.

“Betul. Hasilnya sudah keluar, 99 orang yang diperiksa negatif semua,” ungkap Jumadi.

Meski tidak ada yang positif, Jumadi berpesan agar warga masyarakat tetap selalu waspada terhadap penyebaran covid-19. Salah satunya adalah tetap mematuhi protokol kesehatan.

Diberitakan sebelumnya, sebuah hajatan dengan menggelar dangdut digelar di Lapangan Tegal Selatan Kota Tegal, di tengah pandemi COVID-19 pada 23 September 2020 lalu.

Nino Moebi