Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) UIN Walisongo, Prof Dr Syamsul Ma'arif MAg, berfoto bersama dengan Pemimpin Redaksi Psikohumaniora Dr Baidi Bukhori MSi, sebelum FGD di Hotel Laras Asri Salatiga. Foto: dok/ist

SALATIGA (SUARABARU.ID)– Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) UIN Walisongo, Prof Dr Syamsul Ma’arif MAg, merespon semangat internal kampus UIN Walisongo, yang melakukan pemeringkatan di semua bidang. Termasuk jurnal bereputasi, seperti terindeks Scopus dan WoS.

”Semangat para pengelola jurnal ini perlu dilakukan seintensif mungkin, dan diikat dalam sinergitas gerakan kebersamaan dan kolaborasi, agar berhasil maksimal,” kata Prof Syamsul.

Dia menyampaikan hal itu, dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Persiapan Menuju Jurnal Bereputasi Internasional, di Hotel Laras Asri, Salatiga, belum lama ini.

BACA JUGA : Santri Al Hidayatul Hikmah Belajar Bareng Balai Bahasa Prov Jateng

Acara diikuti Pemimpin Redaksi Jurnal Psikohumaniora, Dr Baidi Bukhori MSi, Pimred Register Journal IAIN Salatiga Faizal Risdianto MHum, Drs Arif Subiyanto MA (UM) dan Helmi Suyanto (Rumah Jurnal UIN Walisongo).

Pimred Jurnal Psikohumaniora Baidi Bukhari menyatakan, pihaknya merasa optimistis dan senang, dengan kebijakan supporting program ini. Terutama dapat bantuan dari Litapdimas Dikti Tahun 2020, untuk klaster peningkatan kualitas jurnal bereputasi internasional.

”Doakan semoga Psikohumaniora, benar-benar menjadi jurnal bereputasi,” ujar Dr Baidi.

Salah satu agenda FGD kali ini adalah, melakukan bedah jurnal. Hasil bedah jurnal disimpulkan, bahwa jurnal dianggap sudah siap untuk mendaftar di Web of Science. Namun untuk menuju Scopus, masih ada beberapa hal yang perlu disiapkan.

Pada kesempatan itu, dilakukan submit ke Indeksasi WoS, dan perbaikan konten web jurnal menurut standar jurnal terindeks Scopus. Dengan menggandeng para pakar jurnal, seperti Faizal Risdianto dari IAIN Salatiga dan Arif Subiyanto dari UM.

Riyan-Sol