blank
Turkhamun menunjukkan sayuran hidroponik yang terlihat segar di lahan sempit miliknya . Hasil produknya berupa bayam merah, dijual satu ikat Rp 10 ribu. Jika membeli di supermarket, harganya bisa mencapai Rp 15 ribu. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Sayuran organik tidak lah seperti sayuran hidroponik. Sebab, sayuran hidroponik ini memiliki keunggulan tumbuh lebih cepat, serta mempunyai bentuk lebih segar dan besar.

Secara sederhana, hidroponik disebut sebagai budidaya tanaman yang hanya menggunakan air serta nutrisi sebagai media tanam.

Hidroponik menjadi salah satu bentuk ketahanan pangan, khususnya untuk warga yang tidak mempunyai lahan yang luas guna bercocok tanam. Berkebun ala hidroponik dapat dilakukan dengan lahan terbatas, dengan memanfaatkan ruang kosong sekitar rumah.

BACA JUGA : Profesor Harus Bisa Implementasikan Hal Riil, Tak Cuma Konsep

Turkhamun, yang berprofesi sebagai guru warga Kelurahan Mangunjiwan, Kecamatan Demak, mengisi waktunya di masa pandemi covid-19, dengan mencoba menggeluti hobi sebagai petani hidroponik.

Menurutnya, proses dalam menanam sayur dengan menggunakan hidroponik diperlukan ketekunan dan ketelatenan. Mulai dari penyemaian yang membutuhkan air tanpa nutrisi, dengan memperhatikan keasaman pH (Power of Hydrogen) dari 5,5-7,3.

”Dalam perawatannya, setiap jenis sayuran seperti selada, seledri, sawi dan bayam, memiliki karakter pH dan PPM yang berbeda-beda, supaya bisa tumbuh dengan baik dan segar,” kata Turkhamun, yang ditemui Kamis (15/10/2020).

Dijual
Sedangkan untuk sistem tanam, dirinya mengaku menggunakan sistem Deep Flow Technique (DFT), yakni sistim hidroponik dengan sirkulasi air dan nutrisi menggunakan metode genangan.

Untuk mengendalikan hama, Turkhamun menggunakan perangkap lalat buah yang dibuat dari botol bekas dan cairan petrogenol.

”Hasil sayuran ini selain untuk dikonsumsi sendiri juga dijual, sehingga harus dijaga dengan baik dari hama atau lalat buah. Kalau tidak nanti akan ada noda di daun sayurnya, kan jadi tidak kelihatan segar.” ujar dia mencontohkan.

Rudy-Riyan