blank
Sekda Jepara, Edy Sujatmiko, S.Sos, MM, MH ketika menyerahkan cindera mata kepada Dubes Slovakia

JEPARA (SUARABARU.ID) – Duta Besar  Slovakia untuk Indonesia, Jaroslav Chlebo  mengaku tertarik  oleh senu ukir  hasil kerajinan tangan warga Kabupaten Jepara saat melihat  pertama.

Ia kemudian menuturkan   awal mulanya dirinya kepincut ukiran Jepara kepada Sekretaris Daerah  Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko yang menerima kunjungannya di Peringgitan Pendopo R.A. Kartini, Kamis (15/10/2020).

blank
Sekda Jepara menjelaskan filosofi macan kurung yang menjadi salah satu icon seni ukir Jepara

Menurut  Jaroslav Chlebo, ia melihat dan mengagumi seni ukir Jepara saat ia menghadiri pernikahan rekannya di sebuah penginapan di  Solo. “Ia dari Slovakia dan  menikah dengan wanita dari Solo, kemudian punya bisnis penginapan dan semua perabot interiornya ukiran dari Jepara,” ujarnya.

Oleh karenanya, ia mengaku senang dapat berkunjung langsung ke daerah yang memproduksi furnitur bermotif ukir. Chlebo yang datang ke Jepara bersama sang istri, Jana Clebova, juga mengaku kagum dengan berbagai hiasan yang ada  di pendopo antara lain relief ukir tiga dimensi, dan patung pahat macan kurung.

Kepada Edy  Sujatmiko  Duta Besar  Slovakia itu menuturkan bahwa fihaknya  sangat berharap hubungan antara Kabupaten Jepara dengan Slovakia dapat terjalin erat. “Kami minta referensi untuk dapat melihat show room yang mungkin bisa menjalin kerjasama” ujar pria yang sudah dua tahun bertugas di Indonesia ini.

Sementara Edy Sujatmiko menjelaskan potensi industri Jepara  telah memasuki pasar ekspor. Bahkan untuk industri mebel telah memasuki 105 negara. “Semoga perusahaan mebel Jepara dan Slovakia dapat melakukan program kerja sama,” tuturnya.

Hadepe