blank
Tim BenihBaik.com dan JNE, berfoto bersama dengan pengurus PD Muhammadiyah Gunung Kidul. Foto: hery priyono

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)– Dalam rangka merayakan 82 tahun Yayasan Muslim Sinar Mas, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, mewakafkan 1.000 Alquran untuk pondok-pondok pesantren di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Penyerahan ini dilakukan pada Selasa (13/10/2020), di Komplek Masjid Agung Al Ikhlas, Wonosari, Gunung Kidul, dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan.

Acara ini dilangsungkan secara singkat dan terbatas. Turut hadir perwakilan dari sejumlah pihak, seperti Kabag Kesra Kabupaten Gunung Kidul Drs Azis Saleh MSi, Ketua Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Gunungkidul H Sadmonodadi.

BACA JUGA : Kelurahan Wates Andalkan Kearifan Lokal untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Terlihat pula, Head Regional Jateng-DIY JNE Marsudi, Kepala Cabang JNE Yogyakarta Adi Subagyo, Head of Human Capital JNE Yogyakarta Husein Indiarto dan Head of Unit Sales JNE Yogyakarta Apnan Zamhari.

Wakaf Yayasan Muslim Sinar Mas itu dilakukan, dengan menggandeng BenihBaik.com, sebagai crowdfunding platform terpercaya, dan juga JNE untuk melakukan distribusi.

Mereka mengajak serta masyarakat untuk turut berbagi kebaikan dengan mendonasikan Alquran melalu platform crowdfunding. Setiap Alquran yang terkumpul dari donasi itu, jumlahnya akan digandakan APP Sinar Mas, dengan jumlah maksimal mencapai 10 ribu Alquran. Biaya untuk pengadaan satu buah Alquran ini senilai Rp 47 ribu.

”Kolaborasi ini memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya warga Gunung Kidul. Sebagai perusahaan ekspedisi, JNE memberikan bantuan pengiriman sesuai kapasitas kami. JNE berharap, kerja sama dengan BenihBaik.com maupun pihak-pihak lain, dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” ujar Marsudi, selaku Head Regional Jateng-DIY JNE.

Sementara itu, Kabag Kesra Kabupaten Gunung Kidul Aziz Saleh menambahkan, pihaknya memberikan apresiasinya kepada Yayasan Muslim Sinar Mas, BenihBaik.com dan JNE, atas bantuan yang disalurkan melalui Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gunung Kidul itu.

Dengan bantuan ini, diharapkan bisa membantu meningkatkan iman dan taqwa masyarakat, serta sebagai sarana membangun karakter dan etika anak. Selain itu, kerja sama ini bisa dikembangkan pada program-program sosial yang lain, demi kesejahteraan masyarakat Gunung Kidul.

Ikut Berpartisipasi
”Kami berpesan pada Pimpinan Daerah Muhammadiyah, agar segera dibagikan ke masjid-masjid, pondok pesantren dan sekolahan yang membutuhkan, sehingga bisa segera dimanfaatkan,” ungkap dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas, Saleh Husin, saat virtual press conference beberapa waktu lalu menjelaskan, Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, masih menghadapi masalah kurangnya ketersediaan Alquran.

Dengan kebutuhan mencapai 4-5 juta mushaf per tahun, kemampuan pemerintah menyediakan Alquran baru sekitar 1 juta mushaf per tahun. Akibatnya, Kementerian Agama menyatakan sebanyak 65 persen umat Muslim Indonesia belum mampu membaca Alquran.

”Itu sebabnya, kami Yayasan Muslim Sinar Mas melalui APP Sinar Mas, bersama BenihBaik.com, dan JNE mengajak publik untuk turut berpartisipasi dalam program wakaf Alquran ini, sekaligus mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Alquran di Tanah Air,” tambah Saleh.

Begitu pula dengan Andy F Noya, founder BenihBaik.com menyatakan, upaya yang dilakukan Yayasan Muslim Sinar Mas, APP Sinar Mas, dan JNE, akan sangat bermanfaat bagi kebaikan seluruh umat manusia.

”Dari kolaborasi ini, kita belajar untuk berbagi dan melipat gandakan kebaikan. Bagi penerimanya kelak, kami di BenihBaik.com juga berharap bisa memberikan suri tauladan kebaikan untuk orang lain,” tukas presenter Kick Andy itu.

Hery Priyono-Riyan