blank
Calon Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat memberikan sambutan dihadapan Komunitas Srikandi Watumalang. Foto : SB/dok

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Calon Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengatakan posisi kaum perempuan sangat strategis dalam ikut berpartisipasi aktif memperdayakan suatu daerah dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di masyarakat.

“Kaum perempuan harus bergerak. Mari ikut berpartisipasi aktif dalam pengembangan ekonomi, pendidikan, lingkungan dan kesehatan di desa,” ajak Afif yang juga menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Wonosobo itu.

Mantan Ketua DPRD Wonosobo tersebut mengatakan hal itu saat melakukan “Konsolidasi Pilkada 2020 Bersama Srikandi Watumalang” di Dusun Sumber Desa Lumajang Kecamatan Watumalang Wonosobo, Rabu (14/10).

Srikandi merupakan komunitas perempuan lintas profesi, ormas dan agama yang ada di Watumalang. Anggota Srikandi merupakan aktifis perempuan di 16 Desa/Kelurahan setempat. Mereka merupakan tokoh wanita yang cukup punya pengaruh di desa masing-masing.

Perempuan Berdaya

blank
Calon Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat. Foto : SB/Muharno Zarka

Menurut Afif, dalam visi-missi ,”Harapan Baru, Wonosobo Maju, Sesarengan Mbagun Daerah”, program pemberdayaan perempuan sudah masuk dalam prioritas kebijakan yang akan diambil Pemkab Wonosobo, lima tahun ke depan.

“Kaum perempuan mutlak harus diperdayakan. Banyak sekali sektor ekonomi, salah satunya UMKM dan usaha kuliner yang bisa dikembangkan kaum perempuan Srikandi di Watumalang,” tegasnya.

Dalam pandangan alumnus Unsiq Jateng di Wonosobo itu, jika kaum perempuan maju, maka Desa/Kelurahan, Daerah dan Negara ini pasti akan maju pula. Pihaknya berterima kasih atas peran perempuan yang telah ikut membantu pemerintah.

“Wonosobo saat ini masih dinilai miskin. Karena apa? Kasus stunting tinggi, kualitas pendidikan, kesehatan dan lingkungan masih rendah. Ibu-Ibu, ayo bareng-bareng, entaskan Wonosobo dari jerat kemiskinan. Sehingga daerah ini maju dan masyarakatnya sejahtera,” kata dia.

Muharno Zarka-Wahyu