blank
Rangkaian acara ditutup dengan penanaman biji edamame secara simbolis, di areal pertanian. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Jawa Tengah dan pengurus Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah (LAZIS) IPHI Jateng, bekerja sama dengan Kelompok Tani Edamame Kabupaten Semarang, melakukan penanaman biji Edamame atau kacang kedelai muda, di areal pertanian seluas 5.500 meter di Kelurahan Polaman, Mijen, Semarang, belum lama ini.

Ketua IPHI Jateng, H Harsono menjelaskan, penanaman bibit kacang kedelai muda itu, menandai kerja sama antara LAZIS IPHI Jateng dengan Kelompok Tani Edamame Kabupaten Semarang.

Hadir dalam acara itu, Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Dr H Imam Taufik Mag, pengurus IPHI Jateng, IPHI Kabupaten Semarang, LAZIS IPHI dan Komunitas Tani Edamame Kabupaten Semarang.

BACA JUGA : Pemkab Grobogan Berharap Api Abadi Mrapen Kembali Menyala

Harsono mengharapkan, kerja sama ini bisa berjalan dengan lancar, dikelola secara profesional agar bisa go public.

”IPHI harus punya andil besar dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, utamanya di tengah pandemi. Saat ini masyarakat tengah menghadapi situasi sulit. Edamame bisa menjadi lahan penguatan skill, sekaligus peningkatan kesejahteraan,” tegas Harsono.

Dia juga menyatakan, agar pengurus IPHI di Kabupaten/Kota bisa bersinergi dengan LAZIS, sebagai wujud nyata kiprah IPHI di masyarakat.

Ketua LAZIS IPHI Arif Juanda mengungkapkan, zakat adalah aset potensial jika dikembangkan secara baik. Saat ini LAZIS fokus pada program produktif yang berorientasi pada ketahanan pangan.

Nilai Tinggi
”Pengelolaan harta zakat, infaq, dan sedekah adalah amanah yang berat. Kami bertekad mengalokasikan amanah ini, untuk kegiatan produktif yang memberikan kemanfaatan kolektif di masyarakat, utamanya di bidang ekonomi,” jelas dia.

Menurut Arif Juanda, tanaman Edamame dipilih karena tingginya konsumsi dan daya jual di masyarakat. ”Selain bergizi tinggi, Edamame punya nilai jual tinggi di masyarakat,” tambahnya.

Suryo selaku perwakilan Kelompok Tani Edamame Kabupaten Semarang memberikan apresiasinya, atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Dia berharap, program ini terus berkembang dan dapat mendukung ketahanan pangan.

”Kami berterimakasih atas kepercayaan ini. Program ini tepat untuk mendukung ketahanan pangan yang digalakkan pemerintah,” tuturnya.

Riyan-Sol