blank
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, membagikan masker kepada masyarakat dalam upaya menekan risiko penularan covid-19. Foto: antara

PURBALINGGA (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus aktif menggerakkan warganya, dalam upaya mencegah penularan virus corona penyebab Covid-19 dilingkungan keluarga.

”Seluruh masyarakat Purbalingga dapat ikut berperan aktif mencegah klaster keluarga, guna melindungi seluruh anggota keluarga yang ada di rumah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Hanung Wikantono, di Purbalingga, Senin (28/9/2020).

Dia menambahkan, setiap warga bisa berperan aktif dalam upaya pencegahan penularan covid-19, dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, guna mencegah penularan penyakit yang disebabkan virus corona tipe SARS-CoV-2 itu.

BACA JUGA : 118 Pasien Covid-19 di Purbalingga Diperbolehkan Pulang

”Misalnya saat tiba di rumah langsung membersihkan diri dulu, baru berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya. Kemudian juga menerapkan pola hidup bersih dan sehat, penting untuk menghindari penularan virus corona,” imbuhnya.

Hanung menekankan, disiplin menerapkan protokol kesehatan harus dimulai dari keluarga, sebagai unit terkecil dalam masyarakat.

”Kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, harus dimulai dari keluarga,” lanjut dia.

Menurut data Dinas Kesehatan, jumlah akumulatif warga yang terserang covid-19 di Purbalingga sebanyak 167 orang, dengan perincian 118 sudah sembuh, dua orang meninggal dunia, dan 47 orang masih dirawat intensif di fasilitas kesehatan.

Guna mengendalikan penularan covid-19, Pemkab Purbalingga menggencarkan penyuluhan dan penertiban, untuk meningkatkan disiplin warga menjalankan protokol kesehatan. Selain itu juga, meningkatkan upaya penelusuran kasus dan pemeriksaan untuk memutus mata rantai penularan virus corona.

Riyan